Harus dipahami sebuah tim yang dibentuk dalam perusahaan merupakan fondasi utama dalam kesuksesan sebuah bisnis. Salah satu syarat menjadi pegawai yang baik adalah harus memiliki soft skill dalam bekerja sama dengan tim. Selain dari perseorangannya saja, tim yang baik juga harus memenuhi 7 kualitas untuk dapat meraih kesuksesan. Apa saja kualitas yang harus dimiliki oleh tim yang baik?

1. Komunikasi

Komunikasi adalah kunci kesuksesan didalam sebuah tim. Dalam 1 tim pasti akan banyak sekali kepala yang memiliki berbagai ide dan gagasan berbeda. Tanpa adanya komunikasi yang baik, pasti tim tidak akan berjalan karena akan terbentur dengan ego masing-masing anggotanya. Untuk menciptakan tim yang baik dan sukses, perbanyak komunikasi dan keterbukaan di antara anggota tim, menyampaikan kritik, opini serta ide untuk kemajuan tim itu sendiri.

Komunikasi yang baik juga dapat dilakukan untuk selalu memonitor proses pekerjaan-pekerjaan yang sedang dikerjakan dan tentunya bekerja sama berdasarkan panduan kerja untuk efisiensi yang baik. Komunikasi yang buruk dapat membawa tim ke dalam konflik yang tak berujung.

2. Fokus Pada Tujuan

Tim yang baik seharusnya dapat lebih fokus pada kualitas hasil pekerjaan dibandingkan hanya menghitung kuantitasnya saja. Mengatur goals sebelum mengerjakan sebuah proyek sangat penting dilakukan agar semua anggota tim tahu apa yang harus mereka kerjakan masing-masing.

Dalam mengatur goals dari sebuh proyek yang akan dikerjakan, masing-masing anggota tim juga harus mengetahui kontribusi apa yang mereka bisa lakukan agar hasilnya memuaskan dan maksimal.

3. Integritas

Dalam sebuah tim yang baik, setiap anggotanya harus mengetahui tanggung jawab serta tugas yang mereka pikul dalam sebuah proyek. Mereka juga harus memiliki intergritas untuk menyelesaikan semua tanggung jawabnya dengan baik. Segala kesulitan dan juga halangan harus dibicarakan dan diselesaikan bersama.

Jangan sampai ada anggota tim yang tidak dapat menyelesaikan tugasnya dan lari dari tanggung jawab. Hal ini dapat menghambat kerjasama tim dan proyek tidak akan berjalan dengan maksimal.

4. Saling Mendukung

Terciptanya tim yang baik tidaklah sulit jika semua anggota timnya saling mendukung satu sama lain. Anggota tim seharusnya saling membantu jika ada kesulitan, bukan malah saling menjatuhkan karena sebuah persaingan. Dengan adanya saling mendukung dan saling menolong, sebuah tim akan lebih produktif dan hasil pekerjaan akan lebih bagus.

Dukungan-dukungan yang diberikan tiap anggota tim akan sangat berarti dan dapat mempengaruhi mood dalam bekerja. Dukungan ini dapat berbentuk pertolongan di saat anggota tim yang mengalami kesulitan atau menanyakan progress pekerjaannya.

5. Saling Mengisi Perbedaan

Setiap orang pasti memiliki perbedaan mulai dari cara berpikir, pola kerja, skill, sudut pandang, ide dan juga kreativitas. Perbedaan ini sangat dibutuhkan dalam sebuah tim untuk saling melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada di dalam anggota tim.

Misalnya A memiliki skill untuk membuat report dengan detil yang bagus dan akan dibantu B yang sangat jago presentasi. Lalu C akan rajin follow up kepada klien untuk hasil pitching dan seterusnya. Dari contoh tersebut, perbedaan skill akan membentuk harmonisasi dalam kerjasama tim. Tidak hanya itu, perbedaan ide-ide juga dapat menjadi 1 ide besar yang hebat untuk sebuah proyek.

6. Kepemimpinan yang Baik

Sebuah tim tanpa pemimpin mungkin akan menjadi tim yang ruwet dan tidak beraturan karena tidak ada yang mengatur jalannya pekerjaan. Tim yang baik juga harus memiliki pemimpin yang terpercaya dan menghormati anggota timnya.

Tugas seorang pemimpin tim atau team leader adalah untuk menyatukan semua anggota tim dan mengatur proses pekerjaan agar berjalan secara teratur, memberi semangat pada anggota tim serta memberikan update terbaru pada tiap anggota tim mengenai proyek yang sedang dikerjakan.

7. Have Fun

Mengerjakan proyek penting dalam sebuah tim memang harus serius, namun tidak ada salahnya untuk sedikit bersenang-senang agar mengurangi stress. Lingkungan yang kaku dan terus-menerus bekerja dapat menimbulkan kelelahan serta mengurangi produktivitas, lho!

Maka dari itu ciptakan suasana yang menyenangkan agar tiap anggota timnya nyaman untuk saling bekerjasama. Menciptakan susasana yang menyenangkan ini dapat dilakukan dengan cara-cara simple seperti makan malam bersama setelah pulang kerja atau nobar film terbaru.

Dengan intensi bersenang-senang yang semakin sering, semakin eratlah hubungan antara anggota tim dan juga akan terbentuknya rasa percaya. Bersenang-senang bersama juga dapat mengurangi konflik yang kerap terjadi dalam tim.