Negara Pengekspor Karpet

Mulanya, pembuatan karpet sekadar demi kepuasan diri, tapi lama kelamaan, karpet ternyata punya nilai ekonomi tinggi.

Komersialisasi karpet diinisiasi Inggris. Dari Inggris, industri karpet lalu menyebar ke seluruh dunia. Hingga saat ini, banyak negara memproduksi karpet, tapi tak banyak yang mampu memenuhi kualitas ekspor seperti negara-negara berikut ini :

1. Turki

Pembuatan karpet merupakan tradisi yang mengakar jauh dalam masyarakat Turki. Selama ini, Turki mampu membuat karpet berkualitas tinggi untuk suplai dunia.

Pembuat karpet biasanya perempuan yang kemampuannya kian terasah seiring pengalaman. Ekspor karpet Turki bermula pada abad ke-19 dimana permintaannya begitu tinggi.

Hampir semua karpet buatan Turki hasil kerajinan tangan oleh perempuan baik secara pribadi maupun kelompok. Diperkirakan Turki meraih 1,62 milliar dolar AS per tahun dalam bisnis tersebut.

2. Belgia

Siapa sangka, Belgia ternyata negara eksportir karpet terbesar kedua dunia. Perajin Belgia terkenal akan kualitas karpetnya hingga permintaan di pasaran sangat tinggi.

Belgia memulai produksi dan ekspor karpet sekitar seabad lalu. Selama bertahun-tahun ini, industri karpet kian tumbuh pesat disana.

Seperti halnya di Turki, mayoritas karpet Belgia asli buatan tangan. Hanya sebagian kecil karpet disana dibuat oleh mesin. Angka ekspor karpet Belgia mencapai 471 juta dolar per tahun.

3. India

Bisnis karpet di India meledak setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Mulanya, perajin India dapat bantuan dari Turki dan negara-negara Persia dalam produksi karpet. Produksi karpet asal India sempat vakum karena berbagai alasan sebelum menggeliat lagi.

India kini meraih manfaat atas bisnis karpet. Daerah penghasil karpet India di antaranya Kashmir dan Punjab. Adapun estimasi pendapatan India dari karpet ialah 460 juta dolar per tahun.

Hingga saat ini, karpet masih menjadi bisnis yang bertahan meski dihajar berbagai gejolak ekonomi. Masyarakat nyatanya masih memerlukan karpet di rumah, kantor, Masjid atau sekolah. Fungsinya tak hanya sebagai dekorasi, melainkan juga alas sholat.

Baca juga : Peluang Reseller