Lompat ke konten
Beranda » berita & tips » 9 Cara Desain Interior Layaknya Profesional yang Bisa Kamu Praktikkan Di Rumah

9 Cara Desain Interior Layaknya Profesional yang Bisa Kamu Praktikkan Di Rumah

Kamu pernah melihat-lihat katalog furnitur dan ingin mengubah ruangan di rumah menjadi persis seperti di gambar? Sudah beli furnitur yang sama persis, namun desain interior rumah kamu tak bisa terlihat semenarik di katalog? Sebenarnya, kamu bisa dengan mudah mengganti suasana rumah menjadi seperti diatur oleh desainer interior profesional. Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Tetapi sebelumnya, pastikan untuk menggunakan desain yang sesuai dengan kebutuhanmu, ya!

Implementasi desain interior sesuai kebutuhan


Desain interior setiap ruangan bisa kamu sesuaikan sendiri (Sumber: Pexels)

Setiap orang tentu mempunyai selera dan kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, ide desain interior di luar sana sangat variatif. Namun, kamu tak bisa asal pilih hanya karena desainnya terlihat keren atau sedang tren saja. Akan jauh lebih baik jika kamu mengimplementasikan desain interior yang sesuai kebutuhan.

Misalnya, desain rumah minimalis serba putih. Banyak sekali yang menyukai gaya ini karena membuat ruangan terlihat simpel sekaligus modern dan menjadi lebih luas. Namun, jika di rumah ada anak-anak yang suka corat-coret dan bermain dengan noda, tentu memilih gaya serba putih menjadi kurang praktis.

Baca Juga :  Ruang Tamu Modern

9 cara desain interior

1. Lapisi furnitur dengan wallpaper


Furnitur lama bisa dilapisi dengan wallpaper (Sumber: Pexels)

Punya furnitur lama yang warnanya sudah kusam, namun sebenarnya kualitasnya masih bagus? Kamu tak perlu langsung menggantinya. Melainkan, kamu bisa melapisinya dengan wallpaper. Pilih motif yang paling kamu suka dan jangan lupa cari yang kualitasnya tahan lama.

2. Gunakan cermin untuk kaca jendela


Cermin di jendela kaca juga bisa jadi ide bagus (Sumber: Pexels)

Untuk yang punya ruangan sempit, ada satu tips yang bisa membuat ruangan menjadi terlihat lebih luas, yaitu mengganti kaca jendela menggunakan cermin. Cara ini terbukti bisa membuat ruangan terlihat lebih luas. Lebih cocok jika kamu pakai cara ini di ruangan yang jumlah jendelanya tak terlalu banyak dan ukurannya tak terlalu besar.

3. Bermain dengan pola


Cobalah bermain dengan pola (Sumber: Pexels)

Banyak yang khawatir saat ingin memadukan pola. Sepertinya, hanya profesional saja yang bisa memadukan pola ramai menjadi terlihat indah.

Namun, tentu kamu juga bisa melakukannya. Memang butuh waktu untuk memadukan pola yang ramai, tetapi sekarang lebih mudah karena kamu bisa browsing di internet.

4. Pilih barang antik yang keren


Barang antik bisa terlihat keren (Sumber: Pexels)

Barang antik bisa membuat ruangan kamu terlihat keren. Tak perlu semua yang ada di rumah harus antik. Cukup pilih beberapa saja dan jadikan highlight di ruangan tersebut.

Baca Juga :  Kesalahan dalam Menata Ruangan, Rumah Jadi Sempit

Yang pasti, kamu harus pilih barang antik yang kualitasnya masih bagus. Lebih baik beli barang antik di toko yang sudah terjamin kualitasnya.

Dengan begitu, furnitur antik apapun yang kamu beli kualitasnya sudah pasti baik. Barang antik yang bagus justru sangat awet dan kuat dan bisa terus dipakai hingga bertahun-tahun ke depan.

5. Padukan furnitur lama dan baru


Furnitur lama dan baru bisa dipadu-padankan (Sumber: Pexels)

Bosan dengan furnitur lama yang sudah kamu gunakan lebih dari 5 tahun, tetapi belum punya bujet untuk mengganti semua furnitur? Kamu tidak perlu mengganti semua furnitur, lho! Cukup ganti furnitur yang sudah rusak saja, lalu padukan furnitur lama dengan yang baru. Ini bisa mengubah suasana, serta modal yang dibutuhkan pun jauh lebih kecil.

6. Cat ulang ruangan


Agar terlihat baru, coba cat ulang (Sumber: Pexels)

Sudah lama tidak mengganti warna cat dinding? Ini saatnya mengecat ulang cat dinding rumahmu. Agar suasana berbeda, kamu bisa pilih warna yang beda untuk setiap ruangan. Misalnya, untuk kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dan dapur berbeda satu sama lain. Jadi, setiap pindah dari satu ruang ke ruang lain, suasananya berbeda.

7. Gambar sendiri dindingmu


Kalau kamu pandai melukis, boleh dicoba di dinding (Sumber: Pexels)

Untuk kamu yang punya bakat menggambar, tak ada salahnya menggunakan kemampuanmu untuk mendekorasi ulang dinding rumah. Sediakan saja satu sisi dinding untuk digambar. Misalnya, di ruang TV. Rencanakan apa yang akan kamu gambar, seperti bunga-bunga, tanaman, atau bentuk abstrak. Lalu, pilih apa saja warna yang akan digunakan.

Baca Juga :  Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah Type 36

8. Jangan ragu pilih warna gelap


Warna gelap ternyata bisa terlihat menarik juga (Sumber: Pexels)

Banyak yang ragu dengan warna gelap karena katanya bisa membuat ruangan menjadi terlihat sempit. Padahal, warna gelap bisa menimbulkan kesan elegan, lho! Seperti coklat tua dan merah maroon. Jika ruangan di rumah benar-benar sempit, pilih warna gelap untuk satu bagian dinding saja.

9. Gunakan furnitur tinggi agar plafon terlihat tinggi


Jika ingin terlihat tinggi, pakai furnitur yang tinggi pula (Sumber: Pexels)

Punya hunian yang tidak terlalu luas dan ingin terlihat lebih lega? Salah satu caranya adalah dengan memilih furnitur seperti rak dan lemari yang tinggi. Ternyata cara ini sangat berguna, lho! Jadi, jika punya ruang sempit, sebaiknya hindari furnitur yang pendek.

Jika kamu berminat untuk menggunakan jasa interior dan furnitur custom yang bagus dan terjangkau, kamu bisa menggunakan jasa dari HJ Kreasindo.

Untuk informasi lebih lengkapnya, silahkan kunjungi website disini

Atau langsung hubungi kontak di bawah ini :

HP. 0812-9485-9090