Lompat ke konten
Beranda » Asuransi » Asuransi Mobil All Risk : Biaya dan Cara Klaim

Asuransi Mobil All Risk : Biaya dan Cara Klaim

Daftar Isi

Asuransi Mobil All Risk – Semakin terjangkaunya harga mobil di pasaran dan pentingnya mobilitas masyarakat membuat kendaraan ini bukan lagi masuk ke dalam kategori barang tersier (mewah).

Hampir semua orang membutuhkan transportasi pribadi ini sebagai mobilitas utama. Bahkan bukan hanya orang kaya saja yang memiliki mobil, masyarakat kalangan menengah pun kini sudah mulai menjadikan mobil sebagai kebutuhan yang cukup penting.

Oleh karena itu sudah jadi hal yang wajar kita harus melindungi apa-apa yang penting dalam kehidupan kita, seperti kesehatan, tempat tinggal, termasuk kendaraan.

Jadi perlindungan apa yang tepat untuk mobil kita? Ada dua pilihan asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih, asuransi mobil all risk, dan TLO (total loss only).

Nah, di artikel ini kami akan memberikan beberapa alasan kenapa asuransi mobil all risk merupakan yang terbaik, termasuk risiko yang di tanggung oleh asuransi ini meliputi apa saja. Benarkah asuransi mobil all risk lebih baik dari TLO? Simak, yuk!

Baca Juga :  Asuransi mobil yang mudah klaimnya

Apa Itu Pengertian Asuransi Mobil All Risk?

Apa itu istilah all risk dalam asuransi mobil? Sesuai dengan namanya, asuransi mobil all risk artinya adalah produk asuransi yang akan melindungi mobil dari segala risiko yang mungkin terjadi, mulai dari kecelakaan, bencana alam, rusak akibat terkena kerusuhan/huru-hara, bahkan ketika mobilmu hilang di curi orang!

Oh, iya, asuransi mobil all risk juga punya sebutan lain. Nama lain asuransi mobil all risk adalah asuransi mobil comprehensive dalam Bahasa Inggris, atau komprehensif dalam Bahasa Indonesia.

Manfaat Asuransi Mobil All Risk

Asuransi all risk mobil meliputi manfaat apa saja? Manfaat asuransi mobil all risk antara lain memberi perlindungan bagi mobil dari semua risiko serta menjamin perlindungan terhadap segala jenis kecelakaan, mulai dari kecil hingga parah serta kehilangan selama penyebab kejadian bukan di sengaja (contohnya pencurian).

Apa Saja yang di cover atau di tanggung oleh Asuransi Mobil All Risk?

Untuk asuransi mobil all risk, apa saja yang di tanggung?

Asuransi mobil all risk memang memiliki premi yang cukup besar, namun perlindungan yang di berikan oleh asuransi ini pun sangat banyak. Lantas, apa saya yang di tanggung atau di-cover oleh asuransi mobil all risk?

  • Kecelakaan, benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir atau terperosok
  • Segala perbuatan jahat orang lain
  • Pencurian, baik dengan atau tanpa kekerasan
  • Kebakaran dan sambaran petir
  • Segala sebab dan risiko selama penyeberangan laut dengan feri
  • Kerusakan roda akibat kecelakaan
  • Biaya derek serta pengangkutan ke bengkel terdekat
  • Pengecualian yang ada di polis asuransi all risk

Daftar Perusahaan dan Produk Asuransi Mobil All Risk Terbaik di Indonesia

Lalu, asuransi mobil yang bagus apa saja ya? Berikut adalah daftar asuransi mobil all risk terbaik 2020 hingga 2021 di Indonesia yang sudah di rangkum, semoga dengan daftar ini mobilmu bisa terlindungi dengan sempurna.

1. ABDA

Asuransi mobil all risk ABDA memberikan perlindungan secara menyeluruh untuk jenis kendaraan penumpang, kendaraan barang, dan juga bus.

Nilai kendaraan maksimal yang di-cover oleh asuransi ini adalah sebesar Rp1,5 miliar dengan premi tahunan.

Terdapat perluasan perlindungan yang di-cover oleh ABDA, termasuk risiko banjir, gempa bumi, kerusuhan atau huru hara, terorisme serta sabotase. Bengkel resmi yang menangani kerusakan mobil tersebar di seluruh Indonesia.

2. Adira

Adira sebagai salah satu dalam daftar asuransi terbaik di Indonesia memiliki dua paket yang berbeda untuk jenis asuransi mobil comprehensive, yaitu Paket Autocillin Comprehensive dan Paket Autocillin Comprehensive Plus.

Apa saja yang menjadi cakupan perlindungan kedua paket asuransi tersebut? Selain kerusakan dan kehilangan mobil, kamu juga bisa mendapatkan perlindungan untuk tanggung jawab hukum pihak ketiga (third party liability) hingga kecelakaan diri (personal accident).

Selain cakupan yang luas, kamu juga bisa menikmati berbagai fitur menarik lainnya seperti STNK renewal service, dukungan bengkel rekanan yang di sertai garansi selama 6 bulan untuk seluruh pekerjaan dan garansi keaslian suku cadang, pick up delivery service, towing car, ambulance, hingga emergency roadside assistance.

Dengan tambahan layanan berupa Autocillin mobile claim application dan service, kamu bisa mengajukan klaim lewat handphone atau datangi unit-unit mobile service yang tersebar di berbagai titik strategis.

3. Adira Insurance Syariah

Selain menawarkan asuransi kendaraan konvensional, Adira juga memiliki produk asuransi syariah yang di beri nama Autocillin Ikhlas. Produk ini memberikan jaminan dan perlindungan terhadap mobil sesuai syariat Islam sehingga bebas dari unsur riba.

Asuransi mobil all risk syariah di lengkapi dengan fitur terbaik, seperti Emergency Roadside Assistance, Autocillin Mobile Claim Application, serta Autocillin Mobile Service.

Beberapa keuntungan lain yang di dapat dari Autocillin Ikhlas antara lain bebas biaya pengangkutan ke bengkel, gratis perpanjangan STNK, serta bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

4. Allianz

Mobilku Grand merupakan produk asuransi mobil all risk persembahan dari Allianz. Asuransi ini memberikan solusi perlindungan mobil terlengkap dan bebas ribet. Kamu bisa menikmati berbagai fitur lengkap jika membeli produk ini.

Misalnya, pihak asuransi akan memberikan ganti rugi jika terjadi pencurian kendaraan oleh supir pribadi, adanya bantuan darurat selama 24 jam penuh, serta akomodasi taksi jika terjadi kerusakan di jalan yang membuat mobil mogok.

Jika kamu berada di wilayah rentan banjir, maka kamu tidak perlu khawatir karena Allianz akan memberikan perlindungan banjir hingga water hammer.

Oh iya, bengkel rekanan yang tersebar luas juga memudahkan kamu untuk melakukan perbaikan kendaraan di lokasi yang terdekat dari rumah, lho.

5. Avrist

Jika asuransi lain memiliki objek pertanggungan mobil dan pengemudi (plus penumpang jika kamu menggunakan perluasan jaminan), asuransi mobil comprehensive Avrist OTO punya keunikan di bagian objek pertanggungannya.

Selain kendaraan bermotor pengangkut penumpang, objek pertanggungan asuransi ini juga meliputi bus dan kendaraan pariwisata, kendaraan bermotor pengangkut barang, dan sepeda motor (jika merupakan kesatuan dengan mobil).

Ya, kamu tidak salah baca, motor bisa masuk ke dalam objek pertanggungan asuransi ini selama itu masuk/merupakan kesatuan dengan mobil. Selain keunikan tersebut, kamu juga bisa mendapatkan berbagai layanan tambahan seperti derek darurat!

Baca Juga :  Tips Memilih Asuransi yang Tepat

6. AXA Mandiri

Melalui AXA Mandiri Mobil Comprehensive, perusahaan asuransi AXA Mandiri memberikan kemudahan bagi para nasabah untuk mendapatkan jaminan ganti rugi atas biaya perbaikan baik kerusakan besar maupun kecil atas risiko yang ada di dalam polis.

Kamu tak perlu memikirkan biaya jika terdapat kerusakan mobil yang di sebabkan oleh berbagai benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir, perbuatan jahat orang lain, pencurian, bahkan kebakaran.

Terdapat juga perlindungan terhadap tanggung jawab hukum pihak ketiga yang membuat kamu semakin tenang telah tercover oleh asuransi ini.

Tak hanya layanan derek, semua masalah yang kerap terjadi di jalan seperti ban kempes, mesin panas, gangguan batre dan kunci tertinggal, akan di layani selama 24 jam penuh oleh asuransi.

Dengan masa pertanggungan 1 tahun, AXA Mandiri Mobil Comprehensive menanggung semua kendaraan yang berusia maksimal 10 tahun.

7. BCA Insurance

Asuransi mobil all risk BCA memberikan ganti rugi terhadap berbagai risiko seperti tabrakan, perbuatan jahat, pencurian, kebakaran, serta segala kerugian lain. Terdapat juga jaminan perluasan yang lengkap meliputi angin topan, badai, hujan es, banjir, serta tanah longsor.

Dengan biaya asuransi mobil all risk BCA Finance & Insurance yang terjangkau, kemudahan pembayaran premi, serta proses yang mudah dan cepat membuat asuransi mobil dari BCA ini cukup direkomendasikan.

Biaya yang di butuhkan untuk mendapatkan manfaat asuransi ini memang lebih besar di banding asuransi TLO, namun cukup sebanding dengan manfaat yang di dapat. Nasabah perlu membayar biaya Rp250 ribu hingga Rp1 juta tergantung paket yang di pilih.

8. Garda Oto

Tak kalah dengan asuransi mobil comprehensive lain, asuransi mobil all risk Garda Oto sebagai salah satu produk keluaran Astra memberikan banyak fitur tambahan di samping asuransi all risk yang utama.

Fitur tambahan tersebut meliputi home survey dan pickup delivery service, perbaikan kendaraan di seluruh jaringan bengkel Garda, bantuan mobil derek serta kecelakaan 24 jam, jaminan suku cadang asli, serta pengajuan cara klaim asuransi Garda Oto yang cepat dan terintegrasi.

Pembelian asuransi mobil Garda Oto pun sudah dapat di lakukan secara online sehingga memudahkan kamu untuk mendapatkan perlindungan mobil dari Garda Oto.

9. Intra Asia

Fokus utama dari asuransi mobil comprehensive Intra Asia adalah perlindungan dari kerusakan atau kerugian yang di akibatkan oleh kebakaran, sambaran petir, kecelakaan ketika menggunakan alat penyebrangan (kapal feri) resmi yang ada di bawah pengawasan dirjen perhubungan darat, hingga pencurian dengan kekerasan.

Di tunjang dengan banyaknya rekanan bengkel yang tersebar di seluruh Indonesia, kamu tidak akan mengalami kesulitan ketika harus mengajukan klaim.

10. Jasindo

Jasindo sebagai perusahaan asuransi pelat merah alias milik BUMN, tentu memiliki pilihan asuransi mobil yang tak kalah dengan produk lain.

Asuransi comprehensive yang di beri nama OTO Plus memberikan jaminan perlindungan secara menyeluruh terhadap kendaraan pribadi.

Kamu tak perlu khawatir akan terjadinya kerusakan atau kecelakaan baik ringan maupun berat, karena seluruhnya di tanggung asuransi.

Menariknya, perlindungan asuransi mobil all risk milik Jasindo ini dapat di gunakan untuk usia mobil hingga 12 tahun.

Padahal, rata-rata usia mobil maksimal yang bisa di tanggung asuransi mobil comprehensive hanyalah 10 tahun. Tak hanya itu, premi tahunan yang cukup terjangkau membuat produk ini semakin menarik, lho.

11. MAG

Asuransi mobil comprehensive Magna Mobil hadir untuk meringankan beban kamu ketika mengalami kerugian akibat kerusakan kendaraan yang di akibatkan oleh tabrakan, tergelincir, kehilangan kendaraan, dan lainnya.

Yang menarik adalah, selain kendaraan dan penumpang atau pengendara, asuransi ini juga mencakup nilai kendaraan berikut perlengkapannya seperti AC dan audio sistem. Jadi nilai total pertanggungan yang kamu dapat bisa di bilang benar-benar penuh tanpa ada pengurangan.

12. Malacca Trust

Selain melindungi mobil dari berbagai risiko kerusakan dan kehilangan, asuransi mobil comprehensive dari Malacca Trust Insurance juga memberikan manfaat cakupan medis berupa biaya pengobatan cedera dan rehabilitasi pengemudi.

Dengan tambahan manfaat tersebut, kamu beserta mobilmu akan jadi semakin aman. Malacca Trust Insurance juga terkenal dengan transparansi manfaatnya yang di tambah dengan fitur replacement car dan authorized workshop.

13. Pan Pacific

Dengan memiliki asuransi mobil all risk Pan Pacific, kamu akan mendapatkan perlindungan secara menyeluruh untuk mobil yang kamu punya.

Mulai dari kerusakan mobil yang di sebabkan oleh tabrakan, benturan, terbalik, hingga tanggung jawab pihak ketiga, Bahkan tindak kejahatan serta pencurian yang mengakibatkan mobil hilang atau rusak juga di tanggung oleh asuransi ini.

Terdapat perluasan pertanggungan yang meliputi jaminan terhadap gempa bumi, angin topan, badai, tanah longsor, perampokan, serta huru hara yang semakin membuat kamu tenang memiliki asuransi comprehensive persembahan dari Pan Pacific.

14. Raksa

Terdapat tiga pilihan paket asuransi mobil all risk Raksa yang dapat di pilih, yaitu Raksa Gold Club, Raksa Silver Club, dan Raksa Mobil Club.

Baca Juga :  Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik

Raksa Gold Club memberikan nilai pertanggungan di atas US$ 70.000. Raksa Silver Gold memberikan nilai pertanggungan di bawah US$ 70.000.

Sedangkan Raksa Mobil Club memberikan fasilitas kepada nasabah untuk mengajukan klaim asuransi dari tempat yang terdekat. Ketiga jenis asuransi ini memberikan keuntungan klaim asuransi yang mudah serta pelayanan customer care selama 24 jam penuh.

15. Reliance

Asuransi mobil comprehensive Reli-OTO dari Reliance insurance menjamin dari risiko-risiko yang tercantum dalam polis serta perluasan manfaat yang meliputi tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, kecelakaan diri, biaya pengobatan pengemudi dan penumpang, dan risiko lain yang bersifat force majeure.

Dengan layanan rekanan bengkel resmi dan derek 24 jam, kamu tidak perlu panik ketika mobil mengalami kerusakan di tengah perjalanan.

16. Simas Insurtech (Sinarmas)

Asuransi mobil all risk Sinarmas memberikan perlindungan secara penuh terhadap mobil. Selain itu, asuransi mobil Sinarmas ini juga memberikan jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.

Terdapat manfaat pertanggungan lain seperti menanggung risiko tabrakan di jalan, perbuatan jahat orang lain, pencurian, kebakaran,

kecelakaan selama penyeberangan dengan feri, serta biaya derek sebesar maksimal 0,5 persen dari jumlah pertanggungan.

17. Sompo Insurance

Berbeda dari asuransi mobil all risk yang lain, Sompo Insurance memberikan perlindungan terhadap mobil jangka panjang dalam waktu 2 hingga 5 tahun serta bonus reward berupa pengembalian premi hingga 45% jika tidak terdapat klaim sampai akhir periode asuransi.

Canggihnya, asuransi ini juga di lengkapi dengan aplikasi Sompo Drive yang berfungsi memantau perilaku berkendara penggunanya secara telematika.

18. Tugu Insurance

T drive, produk asuransi mobil comprehensive dari Tugu Insurance ini hadir dengan perlindungan mulai dari Rp33.000/bulan dan layanan klaim di berbagai platform mulai dari, website, aplikasi, WhatsApp atau telepon, hingga layanan offline di kantor cabang tshop.

Dengan luasnya jaringan klaim mereka, bisa dipastikan pengalaman klaim kamu akan jadi lebih cepat dan nyaman. Tapi bukan itu saja keuntungan yang bisa kamu dapat, asuransi comprehensive ini juga memiliki layanan khusus berupa trex-layanan 24 jam emergency roadside assistance yang siap membantumu di keadaan darurat.

19. ACA

Hadir dengan tiga pilihan paket, Otomate Smart, Otomate, dan Otomate Solitaire, asuransi mobil comprehensive dari ACA memberikan layanan khusus berupa mobil pengganti (maks. 5 hari).

Dengan layanan tersebut, kamu tidak perlu kebingungan mencari alternatif transportasi lain ketika mobilmu mengalami rusak total atau butuh perbaikan lebih dari satu hari.

Kamu juga bisa menikmati fitur new for old, layanan penggantian unit ketika mobil barumu yang usianya sama atau kurang dari 6 bulan

(khusus untuk paket solitaire usia maks mobil adalah 12 bulan) sejak tanggal pembelian dicuri orang atau mengalami rusak total.

Kamu juga bisa menikmati layanan-layanan lain seperti derek, ambulance, service center, dan service warranty! Oh iya, kalau kamu lebih memilih asuransi berbasis syariah, asuransi ini juga punya paket khusus loh bernama Asuransi mobil all risk Otomate Syariah.

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan Asuransi Mobil TLO (Total Loss Only)

Perbedaan paling mendasar kedua asuransi ini adalah di bagian cakupan perlindungan.

Asuransi TLO alias total loss only akan menjamin mobilmu dari kerusakan lebih dari 75% atau jika hilang karena dicuri. Artinya jika mobilmu mengalami lecet karena terserempet kendaraan lain, atau kaca spion patah saat masuk gang, kedua kerusakan tersebut tidak akan ditanggung pihak asuransi karena persentase kerusakannya di bawah 75%.

Asuransi mobil all risk memiliki premi yang lebih besar ketimbang TLO, namun mobilmu terjamin dari segala risiko kerusakan, baik itu kecil maupun besar karena alasan apa pun, jadi walaupun kerusakan mobilmu di bawah 75% kamu tetap bisa mengajukan klaim ke pihak asuransi.

Keuntungan Asuransi Mobil All Risk

Dengan menggunakan asuransi mobil all risk, kamu akan mendapatkan 3 keuntungan yang tidak dapat kamu dapatkan dengan jenis asuransi mobil lain, seperti:

1. Mobil terlindungi secara total

Dengan asuransi mobil comprehensive ini, kamu tidak perlu lagi cemas akan risiko kerusakan yang bisa menimpa mobilmu karena besar atau kecilnya kerusakan tidak menjadi faktor utama klaim diterima atau tidak, berbeda dengan jenis asuransi TLO yang mengharuskan kerusakan mobil di atas 75%.

2. Cakupan manfaat yang lebih luas

Berbeda dengan TLO yang hanya mencakup manfaat kerusakan dan kehilangan total, asuransi mobil comprehensive memiliki pilihan perluasan jaminan. Dengan perluasan jaminan tersebut kamu bisa melindungi mobilmu dari risiko-risiko khusus seperti bencana alam, kerusuhan, hingga tanggung jawab pihak ketiga bila penyebab kecelakaan menyebabkan pengendara lain terluka.

3. Membuat pikiran lebih tenang

Karena asuransi mobil all risk melindungi dari segala risiko, kamu tidak perlu lagi merasa takut atau cemas ketika hal buruk terjadi kepada mobilmu, beban biaya perbaikan juga tidak akan menghantui dompetmu. Hidup jadi lebih nyaman dan tenang.

Laman: 1 2 3