Lompat ke konten

Bahan Kitchen Set Terbaik Untuk Dapur Anda

Bahan dasar kitchen set yang bagus tentu menjadi perhatian utama untuk mendapatkan hasil desain dapur yang sempurna.

Selain berguna untuk memudahkan peletakan alat-alat dapur dan segala macamnya, kitchen set juga bisa memperbaiki mood Anda ketika sedang memasak.

Ya, dengan melihat dekor ruangan dapur yang rapi dan cantik, Anda bisa lebih tertarik untuk berlama-lama di dalamnya. Proses memasak pun bisa berlangsung menentramkan suasananya.

Di zaman yang serba mengalami kemajuan ini juga berdampak pula pada inovasi terbaru untuk dapur. Kitchen set mampu menjadikan dapur Anda terasa bagai surga dengan tampilan elegan, modern, dan penuh performa.

Rekomendasi Bahan Kitchen Set yang Bagus, Apa Saja?

Kitchen set merupakan istilah yang menggambarkan penggunaan dapur modern. Di dalam kitchen set terdiri atas perangkat dapur untuk menyimpan alat-alat rumah tangga, terlebih perlengkapan dapur itu sendiri.

Material dasar pembuatan kitchen set ini tidak hanya satu saja, tetapi ada banyak macamnya. Tentunya masing-masing material pembuatan kitchen set bagus tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan yang tidak sama pula.

Biasanya untuk membuat kitchen set ini menyesuaikan ukuran dapur yang Anda miliki. Nah, karena dapur merupakan tempat yang sering kita jangkau, jangan sampai Anda salah memilih kitchen set ini.

Bahan Kitchen Set Terbaik Untuk Dapur Anda

Dalam memilih material kitchen set, Anda harus terlebih dahulu memberi nilai seberapa bagus barang tersebut. Umumnya, Anda bisa mengetahui material dan spesifikasi di kitchen set yang akan Anda pakai.

Untuk mempermudah hal tersebut, kali ini kami akan membagikan sederetan material kitchen set yang bagus sehingga Anda bisa lebih menilai sendiri. Langsung saja, simak beberapa material kitchen set di bawah ini.

1. Kayu Solid

Kayu solid merupakan material yang natural untuk memberikan kesan cantik pada desain dapur Anda. Namun, Anda juga tidak bisa memberikan bahan tersebut pada kabinet secara sembarangan.

Saran kayu terbaik untuk pembuatan kitchen set ini adalah kayu jati, rosewood India, atau bisa juga menggunakan kayu melia.

Penggunaan material ini selain aman, juga sifatnya ramah lingkungan, tidak mengandung racun, dan mudah dalam mendaur ulang.

Bahan yang bagus harus bisa mencegah peralatan dan kitchen set itu sendiri dari segala jenis gangguan hewan. Maka dari itulah, ada baiknya jika memilih kitchen set dari bahan dasar kayu, Anda melapisinya dengan pelapis, cat, dan yang terakhir adalah plitur.

Baca Juga :  jual karpet tile purwakarta

Plitur ini berfungsi untuk mengkilapkan permukaan kabinet sehingga hasil lebih bagus. Selain itu, bertujuan supaya kitchen Anda bisa lebih awet dari hantaman rayap dan cuaca lembab.

Untuk bahan dasar kayu, ada daya ketertarikan yang berbeda, yakni dari segi warna, serat, hingga teksturnya masih alami. Hal tersebut sangat cocok apabila Anda gunakan untuk membuat dapur yang bergaya tradisional dan kontemporer.

Anda bisa menyesuaikan dengan konsep interior rumah Anda sendiri. Akan tetapi, kebanyakan memilih warna putih sebab sanggup memberikan efek yang modern sekaligus elegan.

2. PVC (Poly Vinyl Chloride)

Bahan kitchen set yang bagus kedua adalah PVC (Poly Vinyl Chloride) board. Bahan ini terkenal akan ketahanannya terhadap rayap. Selain itu, harga juga lebih terjangkau daripada kayu solid.

PVC board merupakan material dari susunan lembaran plastik yang mudah akan perawatannya dan anti korosi (perubahan dari reaksi kimia). Terlebih dengan ekonomisnya harga tadi, menjadi salah satu kelebihan material PVC board yang tidak bisa Anda lewatkan begitu saja.

PVC ini juga merupakan material yang anti air maupun minyak. Sehingga tidak heran lagi apabila banyak kontraktor yang menyarankan bahan PVC ini jika Anda menginginkan kitchen set bagus ketika mengerjakan renovasi dapur.

Sayangnya, material kitchen set ini tetap tidak luput dari kekurangan. Penggunaan PVC board dalam jangka waktu yang lama, akan memudarkan warna di kabinet Anda.

Anda mungkin bisa segera menggantinya dengan PVC board yang baru karena harganya tidak mahal. Namun, itu hanya akan membuat Anda sering mengeluarkan biaya yang sebenarnya bisa Anda alokasikan untuk kebutuhan lainnya.

3. Plywood atau Multiplek

Material multiplek ini biasa terkenal dengan sebutan polywood. Multiplek merupakan material dari olahan kayu yang paling kuat. Pembuatannya yakni dengan lapisan-lapisan kayu, kemudian dipress dengan tekanan yang tinggi.

Plywood atau multiplek ini mempunyai tekstur apik yaitu lapisan kayu yang sangat rapat menjadikannya salah satu bahan kitchen set bagus dengan kekokohan terjamin.

Material multiplek ini sangat recommended untuk Anda gunakan sebagai bahan dasar set dapur. Mengingat bahan multiplek yang tahan terhadap air.

Susunan material multiplek ini terdiri atas serat dan kayu. Kayu luar lebih kuat ketimbang permukaan kayu yang bagian dalam. Hal ini berfungsi agar kabinet dapur Anda tidak mudah tertekuk sekaligus tahan akan adanya pemuaian.

4. Alumunium

Stainless steel atau aluminium merupakan material kitchen set yang bagus untuk dapur mewah Anda. Bahan alumunium ini kerap orang gunakan karena alasannya yang kuat dan keawetannya.

Penggunaan aluminium pada dapur akan memberikan kesan kontemporer yang elegan. Bahannya tidak mudah menyebabkan karat dan tahan akan noda.

Selain itu, stainless steel ini termasuk material yang kokoh dan tidak mudah terpengaruh kelembaban atau panas di sekitarnya. Hanya saja, material alumunium ini gampang tertekuk dan bunyi pada pintu atau laci yang berisik.

Baca Juga :  Jasa Pembuatan Furniture Custom Meja Kursi Cafe

Tentunya itu tidak menjadi masalah yang besar untuk bahan kitchen set yang bagus berupa alumunium ini. Terlebih Anda cukup melakukan pelapisan ulang jika menemukan bagian mengkilap yang telah mengoksidasi (mengarat).

5. Blockboard

Mempunyai kesamaan dengan material multiplek yang tersusun secara vertikal, blockboard ini terdiri atas potongan kayu dengan pola susunan horizontal.

Umumnya kayu untuk bahan dasar pembuatan blockboard ini adalah kayu sengon laut, salah satu jenis kayu yang kuat dan anti air.

Dengan bahan tersebut, menghasilkan material blockboard menjadi salah satu material tahan air pula. Selain itu, harga material blockboard ini juga lebih terjangkau daripada material multiplek.

Sehingga sudah tidak heran lagi bilamana material ini termasuk salah satu bahan kitchen set yang bagus. Anda bisa menggunakannya untuk desain ruangan dapur lebih unik dengan bagian finishing juga mudah.

6. MDF (Medium Density Fiberboard)

Medium Density Fiberboard (MDF) juga termasuk salah satu jenis material dari olahan kayu yang terdiri atas serbuk kayu. Serbuk tersebut kemudian dipress dengan tekanan yang tinggi sehingga bisa menjadi lebih kuat.

MDF ini sudah sangat kerap penggunaannya untuk bahan dasar furniture rumah tangga, termasuk dalam pembuatan kitchen set minimalis. Kelebihan dari bahan MDF ini adalah harga lebih terjangkau ketimbang material plywood atau blockboard.

Sayangnya, material kitchen set yang bagus ini tidak memenuhi kriteria tahan air. Untuk penggunaan yang tepat, bahan MDF ini hanya cocok pada dapur yang kering saja.

Kendati demikian, MDF memiliki tekstur halus pada permukaan. Ketebalannya pun sangat menjamin, terlebih kefleksibelannya yang menjadikan bahan MDF mudah dibentuk.

Macam Finishing Untuk Kitchen Set

1. HPL (High Pressure Laminate)

High Pressure Laminate (HPL) juga merupakan bahan yang bagus untuk kitchen set. Pasalnya, bahan ini merupakan alternatif pilihan untuk menggantikan ketika Anda tidak bisa menggunakan kayu solid sebagai pilihan.

Laminasi ini tersusun atas lembaran tipis perpaduan lapisan resin plastik dan kertas, kemudian dengan lapisan cetak yang berpola. Material ini juga termasuk awet.

HPL sangat kokoh untuk menghadapi segala cuaca, termasuk lembab dan tidak memerlukan tindakan yang ribet dalam perawatan. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah tersendiri pula.

Keunikan dari bahan kitchen set yang bagus ini, yakni tidak mudah tergores, sehingga Anda tidak perlu melakukan pemolesan berulang kali. Untuk harganya, Anda tidak perlu khawatir karena material ini mempunyai harga terjangkau dan cukup kompetitif.

2. Deco Sheet

Deco sheet menjadi bahan alternatif yang bisa Anda jadikan pilihan bagus untuk kitchen set Anda. Ketimbang jenis material HPL, deco sheet mempunyai harga yang lebih murah.

Baca Juga :  Kitchen set minimalis Modern

Dengan bentuk yang lebih fleksibel pula, menjadikan deco sheet mudah dalam penggunaannya. Kriteria lain yang membuat deco sheet juga termasuk salah satu material kitchen set yang bagus adalah karena tidak mudah mudah mengelupas.

Akan tetapi, untuk penggunaan di sekitar kompor atau tungku, deco sheet ini terbilang kurang mumpuni. Karena ia tidak cukup kuat dengan paparan panas, sehingga rentan robek dan sangat rawan.

Penggunaannya pun tidak cocok untuk jangka waktu yang lama. Maka dari itu, Anda bisa mempertimbangkannya. Apabila Anda tipe orang yang hobi dengan pembaharuan, mungkin Anda bisa mencobanya untuk kurun waktu yang sedikit saja.

3. Cat Duco

Jika Anda menginginkan kitchen set dengan tampilan yang lebih sempurna, maka cobalah untuk menggunakan finishing yang berkelas. Salah satunya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah cat Duco.

Ia merupakan tipe finishing kelas tinggi yang bisa membuat kitchen Anda tampak menarik. Cat Duco hadir dengan beragam corak dan warna bervariasi.

Adapun kelebihan yang cat Duco tawarkan yaitu hadirnya warna mengkilap (glossy) atau sebaliknya (tipe doff). Untuk pembaharuan yang baru-baru ini, Anda bisa mendapatkan semacam marmer atau menyerupai batu dengan corak beragam.

Meski berkualitas tinggi, hal itu bisa menjadi kekurangan dari cat Duco ini. Anda harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk mendapatkannya. Tak bisa kita pungkiri bahwa kualitas dan harga seringkali seimbang.

Jika Anda tidak menyiapkan budget lebih, kemungkinan besar Anda juga tidak berhasil meminang bahan finishing untuk kitchen set ini.

Kesimpulan

Meski menggunakan material kitchen set yang terbaik sekalipun, dapur Anda tetap butuh perawatan.

Membersihkannya setelah pemakaian merupakan salah satu upaya yang bisa Anda lakukan agar kitchen set tahan lama.

Dengan demikian, Anda juga bisa lebih hemat pengeluaran karena tak perlu beli kitchen set dalam kurun waktu singkat.

Jangan lupa, masing-masing material kitchen set punya cara perawatan yang berbeda. Anda harus pintar-pintar dalam melakukan eksekusi dapur Anda sendiri.

Jika ingin melakukan renovasi menggunakan bahan kitchen set yang bagus, sesuaikan dengan budget dan kondisi ukuran ruang dapur Anda. Dengan demikian, Anda bisa tahu bagaimana menjadikan desain dapur yang maksimal.

Jika Anda berminat untuk membuat Kitchen set yang bagus dan murah , Anda dapat menggunakan jasa dari HJ Kreasindo.

Untuk informasi lebih lengkapnya, kunjungi website hjkreasindo

Atau langsung hubungi kontak di bawah ini :

HP. 0812-9485-9090

E-mail : ditehm@hernadhijaya.co.id