Lompat ke konten
Beranda » Artikel » cara membuat kitchen set sendiri dari triplek

cara membuat kitchen set sendiri dari triplek

Cara Bikin Kitchen Set – Kitchen set yang bagus merupakan sebuah kewajiban agar Anda dapat memasak lebih nyaman di rumah. Akan tetapi, tidak bisa di pungkiri bahwa harga kitchen set dengan kualitas bagus kadang bisa menguras isi kantong.

Untungnya, ada banyak cara untuk mencapai impian memiliki kitchen set impian. Salah satunya adalah dengan menggunakan cara bikin kitchen set dari triplek.

Murah, tahan lama, dan mudah di gunakan, kayu yang satu ini memiliki banyak manfaat. Membuatnya secara DIY (do it yourself) akan bisa menghemat budget.

Selain itu, kayu triplek juga dapat di kombinasikan dengan desain rumah atau dapur minimalis.

Harga kitchen set di pasaran bisa terbilang mahal. Apalagi jika produk tersebut terbuat dari material sangat berkualitas.

Bayangkan, harga kitchen set ini kurang lebih antara Rp 30-50 juta/set untuk produk berkualitas tinggi dalam skala rumah tangga.

Maka, dengan membuatnya sendiri, Anda akan bisa memiliki kendali atas bentuk, kreasi, dan modal yang harus di keluarkan.

Memahami Jenis-Jenis Triplek

Sebelum membuatnya anda perlu mengetahui jenis-jenis triplek yang sering di gunakan dan memiliki fungsi berbeda terlebih dahulu.

1. Low Density Fiberboard

Di kenal dengan LDF, triplek ini di buat dari sisa pecahan kayu, serbuk kayu bekas kegiatan menggergaji, dan berbagai macam potongan kecil kayu lainnya.

Harga cukup terjangkau, cocok di jadikan bahan untuk membuat lemari, meja kecil, dan berbagai kerajinan yang tidak perlu menopang beban yang berat.

2. Medium Density Fiberboard 

Merupakan versi yang lebih kuat daripada LDF. Terbuat dari campuran serat kayu lunak dan juga keras yang kemudian di satukan menggunakan lem dan di -press menggunakan tekanan tinggi.

Baca Juga :  Harga Kitchen Set Termurah di Bawah 1 jutaan

Triplek ini cocok sebagai bahan utama pembuatan furniture.

3. Teakblock

Bahan dasar dari triplek jenis ini adalah lembaran kayu jati yang terkenal kuat dan tahan terhadap rayap. Harga triplek ini termasuk dalam jenis yang memiliki harga cukup tinggi karena bahan dasarnya.

Namun, manfaatnya lapisan kayu yang kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca.

4. Blockboard

Jenis ini juga di kenal dengan nama triplek meranti. Terbuat dari tiga lapisan kayu yang memiliki serat berbeda, lalu di -press menjadi satu.

Menghasilkan triplek yang fleksibel namun memiliki ketahanan yang baik. Beberapa bentuk pemanfaatannya adalah pada pembuatan meja, pintu, lemari, ataupun panel kayu pada konstruksi bangunan.

5. Melaminto

Melaminto mempunyai permukaan yang di lapisi oleh melanin dan polyester, menciptakan tekstur yang mulus dan rapi.

Dengan begitu sangat sering di gunakan sebagai pelapis untuk mempercantik tampilan furniture ataupun pintu.

Cara Bikin Kitchen Set Sendiri dari Triplek

Proses pembuatan kitchen set dengan menggunakan triplek tidaklah sulit. Berikut adalah panduan lengkap untuk membantu Anda memiliki peralatan dapur dari triplek.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan kitchen set sendiri dari triplek, Anda sebaiknya mempersiapkan semua peralatan dan bahan yang di perlukan dengan baik.

Hal ini agar saat proses pengerjaannya berjalan lancar.

Alat yang Di butuhkan

Berikut adalah alat-alat yang Anda butuhkan :

  • Gergaji
  • Palu
  • Meteran
  • Penggaris siku
  • Ketam/serut
  • Bor tangan
  • Pahat
  • Klem/clamp

Bahan yang Di butuhkan

Selain peralatan, Anda tentunya membutuhkan bahan-bahan dasar untuk membuat sendiri dari triplek. Berikut adalah bahan-bahan yang akan Anda butuhkan:

  • Tripleks / plywood
  • HPL (High Pressure Laminate)
  • Cat kayu
  • Dempul
  • Lem kuning
  • Kaca
  • Kayu palet untuk menahan beban
  • Handle pintu
  • Engsel sendok
  • Rel roda
  • Rel pelor
  • Penahan pintu hidrolik (opsional)

Setelah mendapatkan seluruh alat dan bahan yang Anda butuhkan untuk membuatnya sendiri, saatnya mulai masuk ke langkah berikutnya.

Baca Juga :  jual karpet tile Sukabumi

Alat Pelindung Diri

Selain itu alat dan bahan dasar tersebut, untuk menjaga keselamatan dan kesehatan Anda selama proses pembuatan, jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan dan kacamata.

Alat pelindung diri tersebut akan melindungi tangan dan mata dari serpihan potongan triplek yang bisa saja menyerang bagian tubuh Anda saat memotong.

2. Desain Kitchen Set Anda

Untuk memastikan proses pengerjaan yang lancar dan hasil yang memuaskan, Anda sebaiknya membuat desainnya terlebih dahulu.

Anda bisa membuat desain secara manual dengan menggambarnya langsung atau menggunanakan software yang bisa membantu Anda untuk lebih presisi saat membuat desain.

Karena Anda mendesain sendiri, tidak adalah salahnya untuk melihat desain seperti apa yang sedang populer. Anda bisa mencari model untuk dijadikan inspirasi dengan mudah di internet.

Pastikan rencana desain anda sesuai dengan jumlah atau kebutuhan bahan yang telah Anda persiapkan. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda dapat membuat seluruh kitchen set yang Anda rencanakan.

3. Potong Tripleks Sesuai Pola

Kayu Tripleks di pilih karena harganya lebih terjangkau daripada kayu solid dan lebih mudah untuk di bentuk. Anda bisa memakai tripleks yang memiliki ukuran ketebalan minimal 1 cm.

Pada intinya semakin tebal ukuran tripleks tersebut, maka semakin baik kemampuan menahan beban.

Mulai buat sketsa pada tripleks tersebut sesuai dengan rancangan desain awal. Selanjutnya Anda bisa memotong tripleks-tripleks ini sesuai dengan garis pola. Potong dengan rapi agar dapat memasangnya dengan mudah.

4. Buat Kerangka Kitchen Set

Anda bisa menggunakan meja beton sebagai rangka bagian bawah, sehingga Anda hanya perlu menambahkan lemari saja. Namun, jika Anda ingin membuatnya dari awal maka usahakan memiliki rangka untuk bisa menempatkan potongan triplek.

5. Perakitan

Untuk merakit potongan tripleks ini, gunakan sekrup dan bor tangan. Pasanglah sekrup-sekrup ini pada posisi yang tepat.

Seperti pada sambungan bagian sudut-sudutnya saja. Meratakan permukaan triplek sekaligus menutupi sekrup-sekrup yang Anda pasang dengan dempul kayu. Aplikasikan dempul tersebut hanya di bagian permukaan tripleks yang belum rata saja.

Baca Juga :  5 Manfaat Memasang Karpet Di Rumah

Setelah kering maka Anda akan bisa mengamplasnya agar menjadi mulus. Mulai dengan memakai amplas nomor 200. Kemudian gunakan amplas 400 dan seterusnya sampai halus.

Dalam proses perakitan, mulai dari kitchen set yang paling mudah, seperti rak dan kabinet dapur. Hal ini agar Anda semakin semangat dalam proses dan mempermudah Anda ketika sampai pada perakitan kitchen set yang lebih sulit seperti meja dapur.

6. Pengecatan

Rangkaian kitchen set ini bisa Anda berikan finishing berupa cat kayu sesuai dengan selera dan preferensi. Pewarnaan akan memberikan kesan interior ruangan dapur yang menarik dan tidak membosankan.

Anda perlu melakukan pengecatan minimal sebanyak 2 kali lapisan supaya hasilnya lebih bagus. Jika sudah mengering, pasang berbagai elemen kecil seperti ganggang, engsel pintu, rel, dan lain-lain.

Setelah selesai melakukan pengecatan dan membiarkan cat kering, saatnya Anda mulai memasang kitchen set. Selamat, proses pembuatan kitchen set sendiri dari triplek telah selesai! Selamat menikmati.

Itulah dia cara bikin kitchen set dari triplek yang dapat Anda jadikan panduan. Memiliki kitchen set bagus merupakan idaman banyak orang.

Tetapi, kadang harga kitchen set membuat banyak orang ragu untuk membelinya.

Sebagai solusinya, Anda dapat menghemat banyak biaya dan memenuhi kebutuhan rumah tangga Anda dengan membuat kitchen set sendiri dari kayu triplek.

Bila memiliki keterampilan yang lebih baik, maka Anda akan bisa membuatnya menjadi lebih menarik dengan menambahkan berbagai macam elemen lainnya. Semoga informasi  cara bikin kitchen set dari triplek ini bisa membantu.

Untuk interior desain kantor dan pembuatan kitchen set anda dapat menggunakan jasa dari HJ Kreasindo.

Untuk informasi lebih lengkapnya kunjungi website hjkreasindo.

Atau langsung hubungi kontak di bawah ini:

HP. 0812-9485-9090

E-mail : ditehm@hernadhijaya.co.id