Lompat ke konten
Beranda » Artikel » Cara Menata Interior Kantor Agar Karyawan Nyaman Saat Bekerja

Cara Menata Interior Kantor Agar Karyawan Nyaman Saat Bekerja

Kenyamanan interior merupakan salah satu faktor penting yang mendorong produktivitas kerja karyawan.

Ruangan yang tertata akan membuat pikiran jadi lebih tenang dan jernih. Selain itu, beberapa aksen juga berpengaruh terhadap suasana hati dan semangat bekerja.

sumber:linovhr.com

Lantas, bagaimana cara menata ruang kantor untuk menjaga semangat kerja karyawan? Berikut beberapa tip dari hjkreasindo yang dapat Anda coba.

Baca Juga Cara Menentukan Motif Karpet Untuk Ruangan

Sesuaikan dengan Kultur Perusahaan

Sebelum menata interior kantor, ada baiknya kita mengetahui seperti apa kultur dari perusahaan itu sendiri.

Seperti yang kita ketahui, budaya sebuah perusahaan saat ini kian beragam, ada yang mengusung kultur formal hingga casual seperti pada startup atau industri kreatif.

Baca Juga :  Insipirasi Desain Interior Rumah Type 45

Perbedaan kultur ini tentu akan memengaruhi konsep kantor secara keseluruhan.

Misalnya, jika Anda ingin merenovasi interior dari perusahaan startup, tentu nuansa lebih santai dan kreatif menjadi salah satu hal yang bisa ditonjolkan.

Meja Kerja yang Tepat

Salah satu perabotan penting yang wajib ada di kantor tentu adalah meja kerja.

Pilihlah meja kerja yang nyaman dan sesuai dengan kegiatan dari setiap divisi yang ada.

Misalnya, Anda bisa menggunakan pola melingkar untuk departemen tertentu yang sering melakukan diskusi sehingga tak perlu menggunakan ruang rapat karena tata letak meja yang mempermudah komunikasi.

Baca juga:

7 Fasilitas Kantor Sewa yang Bikin Kerja Lebih Nyaman 

Perhatikan Tata Letak Barang

Anda bisa menyediakan lemari atau sudut khusus barang-barang agar tidak tercecer. Jangan lupa untuk memperhatikan penerangan optimal pada setiap ruangan supaya kegiatan bekerja tetap berjalan dengan lancar.

Beri Sentuhan Alam

menata interior kantor suasana alam

Foto : homedit.com

Bekerja tentu menguras tenaga dan pikiran, oleh karena itu diperlukan sedikit sentuhan alam agar para pegawai senantiasa kembali merasa segar setelah istirahat sejenak.

Baca Juga :  Tips Memilih Jasa Pembuatan Kitchen Set

Jika memungkinkan, Anda bisa menyediakan ruang terbuka hijau di kantor atau memberi jendela-jendela besar yang terhubung dengan dunia luar.

Bekerja tentu akan lebih menyenangkan jika diselingi dengan memandang view alami atau sekedar menikmati udara segar.

Baca juga:

Merancang Tata Ruang Kantor Terbuka, Perhatikan 5 Faktor Ini 

Ruang Tunggu yang Nyaman

Kantor yang ideal tentu memiliki ruang tunggu tersendiri.

Tambahkan sofa atau kursi yang nyaman di ruang tunggu agar tamu bisa lebih leluasa menunggu. Anda juga bisa menambahkan rak buku berisi bacaan menarik yang sesuai dengan bidang perusahaan.

Beri Sentuhan Dekorasi

dekorasi menata interior kantor

Foto : morganlovell.co.uk

Hindari suasana menjemukan di kantor dengan menambahkan sentuhan dekorasi yang menarik. Anda bisa bermain dengan berbagai warna seperti biru, merah, hijau untuk beberapa perabotan agar menciptakan nuansa yang ceria dan segar.

Baca Juga :  Tips Memilih Karpet Untuk Kamar Tidur

Cobalah untuk menambah bantal-bantal empuk berwarna-warni di area santai dekat pantry, jangan lupa juga memberikan sentuhan artistik pada dinding menggunakan lampu neon atau memajang kata-kata motivasi yang sesuai dengan visi misi perusahaan.

Anda bisa mengemas berbagai ide dengan menyenangkan dan ciptakan suasana nyaman di kantor agar kegiatan bekerja jadi lebih efektif.

Itulah tadi beberapa tips mengenai bagaimana cara menata interior kantor yang ideal. Pastikan kegiatan bekerja dan komunikasi antar departemen dapat berjalan lancar dengan interior kantor yang tepat.

Ingin baca artikel menarik lainnya bisa klik Di Sini