Lompat ke konten
Beranda » berita & tips » Cara Mengatur Interior Kantor Agar Menarik Untuk Dilihat

Cara Mengatur Interior Kantor Agar Menarik Untuk Dilihat

Memiliki kantor atau perusahaan tentu saja kebanggaan. Itu sama ketika bekerja di kantor, tetapi ingin merasakan lingkungan yang nyaman di tempat kerja. Kantor Anda sendiri atau tidak, akan menjadi kantor yang nyaman jika kami dapat mengaturnya sedemikian rupa.

Tidak sedikit orang yang sengaja membawa layanan desain profesional untuk mengatur interior kantor Anda agar terlihat lebih baik. Namun, Anda dapat mengaturnya sendiri dengan cara yang benar dan pilihan furnitur yang juga benar di kantor.

Baca Juga Cara Mendesain Ruangan Kantor agar terlihat lebih luas

sumber:hjkreasindo.com

Sebelum menggunakan jasa desain interior profesional untuk kantor, ada baiknya Anda menata sendiri interior kantor tersebut dengan tips dan trik berikut ini:

1. Jangan Menggunakan Lagi Ciri Kaku dan Korporat

Bisnis baru di era milenial ini, akan memberi Anda kesempatan menonjolkan ciri khas sebagai seseorang yang kreatif. 

Maka sebaiknya, tidak usah menggunakan jenis meja yang berat dan kaku, warna furnitur ala kayu konvensional, atau pajangan yang sudah sering terlihat di kantor manapun. Mulailah untuk menonjolkan kepribadian dan karakter Anda dalam menata ruangan.

Baca Juga :  Прогнозы И Ставки На Спорт На Сегодня Бесплатные Прогнозы И Точные Ставки От Эксперто

Anda bisa memilih jenis furnitur yang bergaya kasual, atau kantor dengan konsep ruangan terbuka. Pastikan Anda membeli furniturnya di IUIGA tempat alat rumah tangga terbaik dan terpercaya.

2. Manfaatkan Ruangan dengan Lebih Optimal

Anda harus tetap mendesain ruangan kantor dengan strategi yang tepat. Optimalkan desain interiornya sejak dini, akan menjadi taktik yang jitu untuk ruangan kantor yang bisa digunakan dalam waktu lama.

Ciptakan ruangan kerja yang fungsional contohnya pilih kubikel atau meja yang tersusun dengan lebih efisien. Pisahkan ruangan kantor dengan tempat menyimpan alat kantor atau mesin fotocopy.

3. Memaksimalkan Fungsi Storage

Anda tentu harus menumbuhkan etos kerja yang rapi, sehingga harus merapikan dokumen setiap hari. Maka optimalkan pemakaian atau fungsi storage dengan cara yang tepat. Buat ruangan khusus untuk penyimpanan arsip yang disekat secara khusus.

Maka ruangan penyimpanan arsip tersebut akan rapi dan aman dari tumpukan dokumen yang tidak berguna.

4. Office Supplies yang Lengkap dan Rapi

Dekorasi ruangan kantor yang tepat dan nyaman, akan memicu tingkat produktivitas pada pekerjaan sehari-hari. Begitu juga dengan kelengkapan office supplies seperti:

  • Stationary kit, yang berisi bulldog clip, paper clip dan push pin
  • Book stand, untuk menaruh buku dan berkas-berkas file penting
  • Spidol dan pulpen, untuk menulis notes dari brief atau meeting yang penting
  • Storage bin, untuk menyimpan barang-barang yang berhamburan agar kantor tidak terlihat berantakan
  • Organising Tray, untuk menyimpan pulpen, pensil, notes dan printilan kecil lainnya agar tidak hilang dan rapi
  • Laptop stand, karyawan bekerja membawa laptop sendiri atau disediakan oleh kantor? Gunakan laptop stand agar umur laptop lebih lama karena terhindar dari panas berlebih
Baca Juga :  10 Contoh Desain Mini Bar Dapur Untuk Inspirasi

5. Membuat Ruangan Senyaman Mungkin

Menciptakan ruangan kantor yang nyaman akan membuat Anda fokus pada ruangan itu sendiri. Oleh karena itu ciptakan ruangan kantor yang seru dengan menambahkan karpet yang lembut misalnya.

Bisa juga dengan menambahkan dekorasi dinding yang atraktif sampai tirai jendela yang lembut. Tempat penyimpanan tanaman juga bisa menjadi sarana yang tepat untuk melepas stres saat Anda bekerja seharian penuh di kantor.

6. Mainkan Warna yang Tepat pada Dinding

Sebuah ruangan kantor yang ideal menjadi salah satu refleksi dari ciri khas dan karakter dari perusahaan itu sendiri. 

Cara yang tepat dalam penataan ruangan kantor yang mudah dalam menyampaikan identitas perusahaan, adalah dengan permainan kontras warna yang menarik. 

Untuk ruangan kantor seperti Perbankan atau Jasa Konsultasi biasanya akan memilih warna-warna netral atau putih untuk dinding ruangan kantor tersebut. 

Berbeda dengan ruangan kantor yang sifatnya kreatif, misalnya pada kantor Google yang akan memilih warna-warna hangat yang menunjukkan spontanitas dari perusahaan tersebut.

Maka pemilihan warna pada ruangan kantor ini bisa disesuaikan dengan karakter dan identitas dan perusahaan itu sendiri. Permainan warnanya bisa disesuaikan dengan logo perusahaan sehingga lebih berkarakter.

7. Memiliki Lighting yang Pas

Apabila susunan ruangan kantor yang tak bisa diubah bisa dicoba dengan cara dekorasi yang praktis, ditambah dengan kesan dramatis yang efektif. Misalnya pada instalasi lampu atau lighting yang desainnya menarik sekaligus unik.

Posisi lampu yang ada di langit-langit juga akan membuat kinerja Anda di ruangan kantor tidak terganggu. Namun jika dilihat dari segi desain maka ada kesan estetik yang muncul tanpa banyak perubahan tatanan di ruangan kantor tersebut.

Baca Juga :  5 Tips yang wajib kamu ketahui sebelum membeli karpet untuk kamar tidur

8. Posisi, Tata Letak, dan Desain Ruangan Kantor

Kebebasan dalam menata ruangan kantor artinya Anda memiliki bentuk kreativitas dalam menyimpan furnitur yang tepat. 

Maka posisikan semua kinerja kantor yang lebih seimbang misalnya jangan menggunakan lemari arsip yang terlalu tinggi, standar kursi/meja yang ideal, ruangan pantry yang tidak terlalu jauh, sampai ruang tamu ideal dan meeting yang memiliki privasi.

9. Gunakan Furnitur dengan Fleksibilitas yang Tinggi

Ketika memiliki ruangan kantor yang terpikirkan saat itu adalah jenis furnitur berat ala perkantoran. Sebaiknya pertimbangkan untuk membeli furnitur kantor yang lebih fleksibel, dibandingkan harus membeli furnuitur yang berat.

Anda juga bisa membeli furnitur tidak sekaligus satu set tetapi secara terpisah saja. Anda bisa membeli meja dan menggunakan lemari arsip geser yang dapat dipindahkan dengan mudah, sesuai dengan kebutuhan ekspansi pada perusahaan.

10. Investasi Pada Furnitur Ergonomis

Pilihan utama pada furnitur kantor adalah yang bisa mendukung kegiatan di kantor sehari-hari, misalnya kursi kantor yang ergonomis. Hal itu akan menjadi investasi pada kantor Anda yang akan menguntungkan dalam jangka panjang.

Sumber : blog.iuiga.id & Beritabaris.com

Ingin Baca Informasi Menarik Lainnya Klik Di Sini