harga jasa kontraktor rumah

harga jasa kontraktor rumah – Menggunakan jasa kontraktor untuk membangun sebuah rumah memang sering di gunakan. Terutama untuk orang-orang yang tinggal pada perkotaan yang mana akan cukup sulit untuk mencari para pekerjanya secara mandiri.

Oleh karena itulah banyak yang menggunakan jasa kontraktor untuk membantu membangun rumah mereka. Harga yang di tawarkan untuk setiap tempat kontraktor juga berbeda.

Biasanya mereka juga menggunakan beberapa perhitungan untuk menentukan biaya akhir yang harus di bayar oleh klien.

Inilah jenis perhitungan harga jasa kontraktor rumah

1. Persentase biaya konstruksi

Model perhitungan biaya untuk konstruksi yang seperti ini biasanya di pakai untuk pembuatan desain rumah yang cukup mewah.

Hal ini di karenakan desain yang di pakai untuk membuat rumah bergaya mewah juga cukup sulit dan mendetail. Selain itu pemilik rumah biasanya juga menginginkan beberapa perubahan dari desain yang sudah di rancang.

Metode perhitungan seperti ini akan memberikan keleluasaan bagi pemilik rumah untuk melakukan beberapa revisi atau perbaikan mengenai desain ketika proses pembangunan.

Hal ini juga karena biaya untuk sewa arsitek juga termasuk dalam total anggaran proyek yang di kerjakan hingga selesai.

2. Luas bangunan

Luas bangunan yang akan dikerjakan juga bisa menjadi salah satu faktor untuk menentukan harga yang harus klien bayar. Misalnya klien ingin membuat rumah dengan tipe 36 dengan luas tanah 75 meter persegi.

Jika harga tanah per meternya sekitar Rp 3.090.000 maka klien harus mengeluarkan uang sebesar di kalikan dengan luas tanah yang ingin di pakai yaitu 75 meter persegi menjadi Rp 231.750.000.

Baca Juga :  jasa bangun rumah tangerang

Kemudian untuk harga bangunan yang terperlukan adalah 35 meter persegi sedangkan harga bangunan per meternya sekitar Rp 2.000.000 maka biaya yang harus di keluarkan sekitar Rp 72 juta untuk harga bangunan.

Maka total untuk membangun rumah dengan tipe 36 adalah harga tanah kita jumlahkan dengan harga bangunan menjadi Rp 303.750.000.

3. Bebas biaya desain

Umumnya sebuah jasa konstruksi juga akan memberikan layanan untuk melakukan desain pada hunian yang Anda inginkan.

Dalam kata lain Anda tidak perlu lagi untuk menyewa jasa arsitek untuk membuatkan desain dari hunian Anda. Sehingga Anda juga sekaligus menghemat biaya jasa kontraktor yang Anda sewa.

4. Biaya bahan bangunan

Salah satu biaya yang penting untuk diperkirakan jika ingin membangun rumah adalah biaya bahan bangunan yang akan di pakai.

Anda perlu memikirkan biaya dari bahan bangunan setelah Anda mendapatkan tanah dan juga tukang atau pekerjanya. Jika Anda ingin membuat bangunan atau rumah minimalis dengan dua lantai, bahan yang di pakai biasanya berbeda.

Untuk rumah minimalis, jasa kontraktor rumah minimalis biasanya akan menggunakan bahan baku seperti untuk pembuatan dinding, struktur, genteng, kusen pintu, jendela, fondasi hingga pengecatan rumah.

Material yang biasa di gunakan tersebut biasanya berupa batako, besi beton, genteng, konstruksi baja ringan, keramik, kayu meranti, dan cat. Perkiraan untuk harga atau biaya yang di perlukan untuk bahan-bahan tersebut per meternya sekitar 3 jutaan.

Sedangkan untuk rumah minimalis dengan dua lantai biaya yang harus dikeluarkan per meternya sekitar 4 jutaan. Biaya tersebut biasanya meliputi bata merah, plafon, pembangunan elektrikal dan saniter.

Untuk bahan lantai yang di pakai biasanya seperti granit. Jika di rinci, bahannya di pakai untuk pembuatan fondasi dinding, struktur beton, pemasangan plafon, instalasi listrik, pengecatan hingga finishing sampai menyeluruh.

5. Ongkos jasa tukang

Hal yang juga penting dalam proses pembangunan rumah adalah adanya jasa tukang. Keberadaan tukang ini tentunya sangatlah penting karena yang akan melakukan atau mengerjakan proyek tersebut adalah tukang.

Baca Juga :  perusahaan kontraktor adalah | pengertian perusahaan kontraktor

Penting juga untuk mengetahui berapa banyak jumlah pekerja yang ingin di pakai. Hal ini karena juga akan mempengaruhi harga jasa konstruksi yang harus Anda keluarkan.

Ada banyak sekali tukang yang bekerja sesuai dengan keahliannya dan juga jumlah yang di butuhkan. Misalnya ada tukang gali, tukang kayu, tukang batu, tukang cat, tukang listrik, tukang ledeng dan masih banyak lagi.

Setiap tukang tersebut juga memiliki harga atau tarif yang berbeda-beda.

Biasanya semakin sulit pekerjaan yang dilakukan juga akan membuat biaya per harinya semakin mahal. Perhitungan biayanya adalah dengan mengalikan jumlah hari waktu kerja dengan biayanya per hari.

Misalnya untuk biaya tukang kayu sebesar Rp 100.000 per hari dengan jumlah hari kerja sebanyak 5 hari, maka Anda harus mengeluarkan biaya Rp 500.000 untuk membayar tukang kayu tersebut.

Para tukang biasanya juga akan di awasi oleh mandor dalam melakukan pekerjaannya.

6. Biaya tak terduga

Selain biaya yang sudah pasti di atas, Anda juga perlu menyisihkan biaya tak terduga yang mungkin saja muncul. Biaya ini terpakai karena dalam atau selama proses pembangunan terdapat beberapa tambahan biaya yang harus dikeluarkan. Dalam kata lain biaya tidak terduga ini seperti anggaran untuk jaga-jaga.

Biasanya yang termasuk dalam biaya tak terduga adalah biaya untuk menghias taman atau penambahan fasilitas atau properti untuk beberapa ruangan di rumah Anda.

Akan tetapi, biasanya jika Anda menggunakan kontraktor, maka pihak kontraktor akan berbuat seminimal mungkin agar jangan sampai ada biaya atau harga jasa kontraktor Jakarta yang tak terduga untuk pembangunan rumah Anda.

Tips menyewa kontraktor yang terpercaya

Jika Anda berniat untuk menggunakan jasa kontraktor dalam proses pembuatan rumah Anda, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika hendak memilih jasa kontraktor:

  • Profil arsitek
Baca Juga :  kontraktor rumah bekasi

Jika Anda berniat untuk menggunakan jasa konstruksi, jangan lupa untuk mengecek profil dari jasa konstruksi yang hendak Anda gunakan. Pastikan jasa konstruksi tersebut memiliki alamat atau informasi yang lengkap mengenai jasa yang ditawarkannya.

Hal ini penting untuk mengetahui bahwa tempat tersebut bukan abal-abal atau kurang terpercaya. Jasa konstruksi yang profesional biasanya akan lebih mudah dicari atau memiliki banyak informasi penting.

Selain itu juga memiliki banyak sosial media yang mudah untuk dijangkau oleh klien.

  • Berdasarkan rekomendasi

Memilih jasa konstruksi juga bisa melalui rekomendasi dari orang lain. Bahkan jasa konstruksi jika didapatkan dari rekomendasi orang lain justru akan lebih di percaya.

Hal ini karena kualitas dari hasil pekerjaannya sudah dirasakan oleh orang yang merekomendasikan tersebut. Dengan begitu Anda juga akan yakin dengan hasil dari pekerjaan jasa kontraktor tersebut.

  • Survey

Melakukan survey juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana kualitas dari hasil pekerjaannya tersebut.

Survey yang bisa Anda lakukan adalah dengan menanyai beberapa pelanggan atau klien yang sudah pernah menggunakan jasa kontraktor tersebut.

Tanyakan mengenai kinerja yang sudah dilakukannya dan juga apakah ada beberapa hal yang mungkin pernah mengecewakan dari hasil pekerjaannya.

bagi anda yang ingin menggunakan jasa desain interior, anda dapat menghubungi hjkreasindo.com atau hjkarpet.com