Lompat ke konten
Beranda » jasa desain interior » Interior Rumah Cantik yang Menginspirasi

Interior Rumah Cantik yang Menginspirasi

Bersih, reduktif, rapi, monokromatik, dan kesederhanaan. Kurang lebih beberapa istilah tersebut yang langsung muncul di benak ketika Anda berpikir tentang interior rumah cantik.

Ya, tampilan ketenangan dan keindahan sederhana memang dapat di capai dengan rumah cantik minimalis. Minimalisme berarti harus fungsional dan memberi nilai tambah pada ruang.

Anda masih membutuhkan semua furnitur di dalam ruang agar berfungsi, tetapi dalam dekorasi minimalis, bentuknya juga sangat penting.

Sementara itu dari sisi arsitektur, minimalis juga bertujuan merampingkan bentuk dan struktur. Arsitektur minimalis melibatkan penggunaan elemen desain reduktif, tanpa ornamen atau dekorasi.

Kesederhanaan dalam desain dan keunikan dalam resolusi adalah kunci pentingnya.

Jadi, pada dasarnya, ide ruang yang rapi dan bersih merupakan pendorong di balik gerakan minimalis, dan kemudian ada keinginan untuk mencari dan mengadaptasi ide-ide utamanya dalam desain interior.

Sudah tentu, Anda membutuhkan fungsionalitas dan kepraktisan yang berpadu tanpa hiasan yang berlebihan. Bentuknya seharusnya tidak terlalu rumit, dan warna serta teksturnya harus berpadu secara harmonis.

Bagi Anda konsep ini mungkin memiliki efek menenangkan untuk tinggal di ruang yang di rancang dengan baik dan rapi.

Biasanya ini juga melibatkan penyimpanan tertutup yang cukup sehingga arsitektur dan interior dapat membuat rumah Anda terlihat rapi dengan warna yang menyatu.

Meski minimalis biasanya di asosiasikan dengan tampilan modern dan arsitektur kontemporer, namun konsep rumah cantik minimalis juga bisa terjadi di ruang-ruang yang klasik dan tradisional dalam desainnya.

  1. Rumah Minimalis 1 Lantai
  2. Rumah Minimalis 2 Lantai
  3. Rumah Minimalis Tipe 36
  4. Rumah Minimalis Tipe 45
  5. Rumah Minimalis dengan Teras
  6. Rumah Minimalis Monokrom
  7. Rumah Minimalis Atap Limas
  8. Rumah Minimalis dengan Roster
  9. Rumah Minimalis Sentuhan Alam
  10. Rumah Minimalis Modern

1. Interior Rumah Cantik 1 Lantai

Bentuk sederhana dan denah lantai terbuka merupakan karakteristik dari banyak denah rumah cantik minimalis. Sumber: Srimaya Residence, Bantargebang, Bekasi

Interior rumah cantik minimalis memang identik dengan warna netral seperti putih. Namun bukan berarti hanya warna itu yang dapat Anda aplikasikan.

Anda juga bisa menghasilkan desain minimalis yang manis dengan warna brown beige, krem dan sedikit sentuhan putih. Anda bisa mencontoh desain rumah satu lantai dengan jalan lebar menuju rumah.

Di lihat dari sisi desainnya, Interior rumah cantik minimalis dapat di cirikan dengan satu kata yakni sederhana, tidak ada yang berlebihan, tidak ada yang ekstra, dan lupakan yang penuh hiasan.

Hal ini juga berlaku untuk denah rumah minimalis. Karakteristik bangunan minimalis yang sama berlaku untuk denah lantainya masing-masing.

Denah rumah minimalis biasanya terdiri dari geometri ruang yang sederhana. Tata letak mereka fungsional dan sengaja di atur.

Tujuannya untuk menciptakan ruang sederhana dan bersih yang membangkitkan rasa keteraturan dan ketenangan terlepas dari ukurannya.

Bentuk sederhana, denah lantai terbuka, dinding interior minimal, area penyimpanan sederhana, dan penekanan pada pemandangan merupakan karakteristik dari banyak denah rumah minimalis.

Baca Juga :  Inspirasi Model Partisi Penyekat Ruangan

Banyak denah lantai minimalis juga kekurangan ruang yang berlebihan. Anda tidak akan menemukan ruang tambahan seperti ruang duduk formal, ruang makan, perpustakaan, atau bilik lemari.

Ruang dapat di sesuaikan dan fleksibel untuk berbagai tujuan dan ruang penyimpanan berukuran untuk kebutuhan dasar.

Rumah minimalis bisa di bilang sebagai desain yang di sukai banyak orang sehingga banyak pengembang yang mengadopsi konsep desain ini.

2. Interior Rumah Cantik Minimalis 2 Lantai

Anda mungkin bisa mencoba ide minimalis rumah dua lantai dengan carport compact. Sumber: The Jasmine Boulevard, Parung, Bogor

Memiliki interior rumah cantik minimalis bukan berarti tidak ada ruang yang di gunakan untuk menanam pohon dan memaksimalkan pencahayaan masuk ke rumah Anda.

Anda mungkin bisa mencoba ide minimalis rumah dua lantai dengan carport compact. Tampak gaya sekaligus manis bukan? Dan tentunya tidak harus memiliki ornamen mewah.

Saat Anda memutuskan membangun rumah 2 lantai sebaiknya pikirkan untuk dapat membagi penggunaan ruangan dengan efektif.

Misalnya untuk lantai 1 setelah membuka pintu adalah ruang tamu, lalu dapur dan ruang makan. Satu kamar tidur terletak di ujung dan di pisahkan dari dapur dan ruang makan oleh sebuah taman kecil.

Taman ini telah menciptakan angin dan cahaya untuk semua ruang di lantai 1 dan juga ruang untuk membaca buku dan bersantai keluarga.

Sedangkan untuk lantai 2, tempat Anda menghabiskan sebagian besar waktu Anda. Bisa juga di jadikan sebagai ruang tamu bersama, ruang baca, dan ruang ibadah.

Ruang-ruang ini sangat penting. Area yang tersisa adalah satu kamar tidur dan toilet. Semua ruang ini bisa di arahkan ke ruang hijau taman kecil di antara rumah.

3. Interior Rumah Cantik Minimalis Tipe 36

Dalam menciptakan rumah minimalis, dapat menghemat biaya dalam penggunaan material dan tanah juga memiliki tampilan modern dan hampir ada bentuk yang kompleks. Sumber: Griya Alam Indah Cibubur

Sebelum membahas dari sisi desain inspirasinya, terlebih dahulu Anda harus tahu apa itu denah tipe 36? Rumah tipe 36 adalah salah satu tipe rumah yang paling di sukai masyarakat saat ini.

Ukurannya yang tidak terlalu kecil dan harganya masih terjangkau membuatnya laris manis di pasaran.

Rumah dengan tipe ini merupakan tipe wajib yang harus di bangun oleh developer yang menyasar segmen middle-middle low. Rumah tipe 36 sangat cocok untuk keluarga kecil yang telah memiliki satu anak.

Tipe 36 biasanya di bangun dengan dimensi 6×6 meter atau 9×4 meter. Rumah dengan tipe ini di bangun di atas tanah seluas 60 hingga 72 meter persegi. Namun terdapat beberapa rumah tipe 36 yang di bangun di atas tanah seluas 90 meter persegi.

Sebagai rumah dengan luas yang lebih besar, rumah tipe 36 memiliki 1 sampai 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu dan ruang makan serta dapur. Anda dapat membeli rumah dengan tipe 36 dengan harga Rp 450 juta – Rp 600 juta.

Desain rumah minimalis dengan budget rendah menjadi salah satu solusi alternatif untuk mendapatkan rumah yang layak huni.

Tak jarang, orang-orang kreatif bisa menghabiskan anggaran dengan baik dengan berbagai langkah inovatif untuk menghemat uang dan bahan.

Desainnya yang sederhana bisa menjadi salah satu alasan desain rumah minimalis memiliki para pecinta dari segala usia.

Dalam menciptakan rumah minimalis, dapat menghemat biaya dalam penggunaan material dan tanah juga memiliki tampilan modern dan hampir ada bentuk yang kompleks.

Baca Juga :  Macam Furniture Apartemen Custom dan Harganya

Dengan kata lain, setiap detail dalam desain rumah minimalis selalu memiliki fungsi tertentu untuk bangunan itu sendiri yang menunjukkan estetika dari setiap sudut bangunan.

4. Interior Rumah Cantik Tipe 45

rumah cantik minimalis 6

Kalau Anda merasa rumah tipe 36 terasa kurang lapang dan Anda membutuhkan rumah yang lebih luas maka rumah tipe 45 adalah solusinya.

Rumah dengan tipe 45 termasuk segmen middle-low karena harganya yang sudah di atas setengah miliar. Rumah tipe 45 umumnya di bangun dengan dimensi 6 x 7,5 meter. Luas tanah rumah tipe 45 umumnya sekitar 72, 90 dan 96 meter persegi.

Sebagai rumah yang lebih luas, maka Anda akan mendapatkan rumah dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu yang cukup besar. Anda juga akan mendapatkan taman dan parkiran mobil yang lebih memadai.

Biasanya rumah dengan tipe 45 bisa di dapatkan dengan harga Rp600 juta – Rp850 juta.

Mengimplementasikan desain minimalis dengan tipe rumah ini juga bisa di lakukan. Elemen penting dari gaya desain interior minimalis ini adalah denah lantai terbuka.

Rumah minimalis memiliki ruang terbuka yang memadukan ruangan dengan mulus dan memaksimalkan cahaya alami.

Tak hanya itu, untuk menciptakan ruang minimalis yang hangat, perlu mencerminkan selera dan kepribadian Anda. Anda dapat mencapai ini dengan tata letak interior, pilihan furnitur, atau aksesori dekoratif yang Anda pilih.

Rumah minimalis di kemas dengan solusi penyimpanan cerdas yang membuat ruangan tampak hampir kosong

dan rapi. Furnitur dengan garis yang bersih, dan dinding kosong sangat penting untuk rumah minimalis. Tanpa kekacauan yang terlihat, ada lebih banyak ruang untuk furnitur dan dekorasi untuk bernafas.

5. Interior Rumah Cantik dengan Teras

Rumah minimalis ini tak perlu tambahan apapun karena sudah memikat. Sumber: Unsplash - Trinity Nguyen

Rumah minimalis satu lantai dengan dinding abu-abu dan kombinasi warna putih pada jendela bisa tampil memikat. Apalagi dengan furnitur fungsional dan estetis di teras mini dengan dua kursi yang di letakan untuk mengobrol dengan tetangga di luar rumah.

Halaman depan rumah yang cukup luas dengan kebun rindang juga sudah cukup menghiasi rumah ini tanpa perlu tambahan lainnya lagi.

6. Interior Rumah Cantik Monokrom

Sumber: Green Rahayu 2, Setu, Bekasi

Ada sesuatu tentang rumah minimalis dan palet warnanya yang menenangkan, dinding kosong yang tenang, dan banyak ruang lantai yang menarik.

Perjuangan terbesar dengan rumah minimalis adalah memastikannya mentransmisikan perasaan hangat dan nyaman itu.

Langkah mendekorasi rumah minimalis sebaiknya di mulai dari filosofi Anda, bukan furnitur Anda. Namun, elemen furniture tertentu akan membantu Anda mengatur gaya sesuai dengan aturan desain minimalis.

Prinsip “less is more” benar-benar memiliki arti yang sama sekali baru saat mengaplikasinya dalam mendesain rumah minimalis.

Fitur penting dari desain minimalis adalah memilih palet warna netral, termasuk putih, krem, dan warna pastel. Sebagian besar rumah minimalis menampilkan dinding putih di mana-mana, yang kebetulan sesuai dengan tren tahun ini.

Termasuk warna monokrom dengan sentuhan hitam yang membantu memancarkan kenyamanan tinggal di hunian minimalis.

Desain rumah minimalis dengan budget rendah menjadi salah satu solusi alternatif untuk mendapatkan rumah yang layak huni.

Tak jarang, orang-orang kreatif bisa menghabiskan anggaran dengan baik lewat berbagai langkah inovatif untuk menghemat uang dan bahan.

Baca Juga :  10 Model Ruko Minimalis 2022 Untuk Inspirasi

7. Interior Rumah Cantik Atap Limas

rumah cantik minimalis 8

Rumah minimalis ini memiliki desain atap limas berwarna abu-abu modern. Jadi siapa bilang kalau rumah minimalis hanya identik dengan yang berbentuk kotak atau persegi. Dengan Atap limas, rumah minimalis tetap bergaya tanpa meninggalkan kesan simple dan keteraturan.

Hal yang sama juga berlaku untuk denah lantai minimalis tidak perlu berbentuk bujur sangkar untuk memiliki ciri minimalis. Anda juga bisa bentuk geometris dengan pengaturan ruang yang sederhana.

Prinsipnya juga masih sama, denah lantai terbuka dengan dinding interior minimal, pemandangan berbingkai ke luar, denah lantai yang kompak dan efisien serta tidak ada ruang penyimpanan tambahan.

8. Interior Rumah Cantik dengan Roster

Roster dapat digunakan sebagai ventilasi untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik. Sumber: Ariston Platinum, Cilodong, Depok

Tampilan roster yang unik dengan lubang-lubang udara yang berbentuk pola tertentu dapat di gunakan di depan rumah, di bagian atas pintu atau jendela, atau untuk sekedar pembatas kreasi dinding. 

Nah, ide desain ini dengan Sentuhan roster yang berlubang abu-abu gelap di depan rumah juga berfungsi sebagai pagar untuk rumah minimalis yang tidak di kelilingi dengan pagar.

Roster ini memberikan privasi bagi penghuni dengan rumah yang langsung menghadap ke jalan perumahan. Konsep roster ini jelas menyatu dengan desain minimalis yang Anda harapkan karena juga dapat di gunakan sebagai ventilasi untuk menciptakan sirkulasi udara yang baik.

9. Interior Rumah Cantik Sentuhan Alam

Bila ingin menghindari aksen dekorasi rumah yang rumit, tentunya tanaman bisa menjadi aksen yang menarik. Sumber: Mustika Village Sukamulya, Sukatani, Cikarang

Ada yang mengira rumah minimalis modern tidak membutuhkan sentuhan tanaman atau pohon karena akan merusak kesan sederhana. Itu tidak benar, justru sentuhan alam membantu melengkapi dekorasi rumah minimalis.

Bila Anda menghindari aksen dekorasi rumah yang rumit, tentunya tanaman bisa menjadi aksen yang menarik namun tetap cocok dengan tampilan minimalis yang ingin Anda tampilkan.

Belum lagi dengan kolam atau danau buatan di depan rumah. Rumah minimalis impian Anda semakin membuat Anda betah di rumah

10. Interior Rumah Cantik Modern

Detail sederhana, dan material sederhana yang membuat minimalis begitu menarik. Sumber: Unsplash - Kluster The Cottage at Khaya - Podomoro Golf View, Depok

Minimalisme hingga kini tetap populer sebagai filosofi desain dan cara hidup. Arsitektur minimalis berupaya mencapai desain yang lebih baik melalui kesederhanaan baik bentuk, ruang, materialitas, detail, dan warna.

Saat ini siapa yang tidak suka ruang dengan terbuka dan bersih yang memungkinkan arsitektur, furnitur, dan material di dalam ruangan bernafas?

Detail sederhana, dan material sederhana yang membuat minimalis begitu menarik karena menghargai ketenangan, kehangatan, dan keindahan yang terpancar dari ruang semacam ini.

Ciri-ciri desain rumah minimalis modern yang ingin di tekankan adalah kesederhanaan dalam bentuk dan fungsi pelapisan dinding yang tidak rumit; ruang yang bersih,

terbuka dan di penuhi cahaya; detail sederhana tanpa dekorasi; serta penggunaan material yang strategis untuk minat visual, tekstur, dan kepribadian.

Jika Anda berminat untuk membuat desain interior yang bagus dan murah, Anda dapat menggunakan jasa dari HJ Kreasindo.

Untuk informasi lebih lengkapnya, kunjungi website hjkreasindo

Atau langsung hubungi kontak di bawah ini :

HP. 0812-9485-9090

E-mail : ditehm@hernadhijaya.co.id