Lompat ke konten
Beranda » Artikel » Tips Menata Interior Kamar Mandi Minimalis

Tips Menata Interior Kamar Mandi Minimalis

Punya ukuran kamar mandi yang terbatas hingga Anda kesulitan saat menggunakannya? Selain tak nyaman, ukuran ruang yang terbatas kerap menjadi hambatan untuk kamar mandi terlihat cantik. Eits, jangan pesimis dulu dengan ukuran kamar mandi yang kecil, Anda juga bisa lho membuatnya tetap nyaman dengan beberapa desain kamar mandi yang minimalis dan fungsional. Yuk, buat kamar mandi tetap bersih, nyaman, dan menenangkan dengan ide dan tips berikut ini.

1. Terapkan Kamar Mandi Monokrom Minimalis

kamar mandi monokrom

Sumber: smarterbathrooms

Bagi Anda yang suka kesederhanaan dan hanya punya space kecil untuk area kamar mandi, Anda bisa mencoba menerapkan gaya yang satu ini. Perpaduan kontras antara dinding model bata putih dengan hitam akan membuat kamar mandi terlihat lebih menarik dan tidak monoton. Sebagai pemanis, tambahkan juga tanaman hias di sudut ruangan.

2. Manfaatkan Setiap Ruang yang Ada

manfaatkan tiap ruang yang ada

Sumber: toppstiles

Meletakkan berbagai dekorasi ruangan yang tidak dibutuhkan akan membuat kamar mandi terlihat semakin sempit. Untuk itu, Anda harus bisa memanfaatkan berbagai tempat tak terduga yang ada secara optimal. Misalnya, Anda bisa menggunakan tempat di bawah wastafel sebagai tempat untuk menyimpan tisu atau meletakkan handuk bersih.

Baca Juga :  Cara Membuat Kitchen Set Sendiri dari Triplek

3. Pakai Lemari Dinding

gunakan lemari dinding

Sumber: walmart

Cara untuk menjadikan kamar mandi terasa lebih luas adalah dengan menggunakan dinding sebagai tempat penyimpanan berbagai peralatan yang Anda miliki. Anda bisa meletakkan berbagai barang seperti alat cukur, alat m2andi, gunting, dan lainnya di bagian dinding kamar mandi menggunakan lemari yang ditempel ke dinding.

4. Membuat Kubikel Kamar Mandi

buat kubikel kamar mandi

Sumber: elegantshowers

Kubikel kamar mandi juga bisa menjadi alternatif mudah untuk mengatasi keterbatasan ruang di kamar mandi. Dengan desain yang sederhana, perawatan kamar mandi juga bisa menjadi semakin mudah karena area basah sudah terpisah secara sempurna dengan partisi yang rapat. Alhasil, menata furniture kamar mandi pun menjadi lebih mudah. Untuk ruang gerak yang maksimal, tempatkan toilet kamar mandi secara pas di sudut ruangan.

5. Tambahkan Pintu Geser

pintu geser

Sumber: thespruce

Pemilihan jenis pintu yang tepat merupakan salah satu trik yang bisa Anda terapkan untuk membuat kamar mandi kecil terlihat lebih luas. Caranya, Anda bisa mengganti pintu yang dibuka secara langsung dengan pintu geser seperti rumah tradisional Jepang. Pintu geser akan menghemat tempat karena tidak membutuhkan banyak ruang saat harus dibuka.

Baca Juga :  Tips Mendesain Apartemen Agar Tampak Luas

6. Gantung Berbagai Perlengkapan Mandi

gantung perlengkapan mandi

Sumber: homebnc

Cara selanjutnya, Anda bisa meletakkan berbagai perlengkapan mandi dengan menggantungnya agar tidak terlalu memenuhi ruangan. Jangan meletakkan perlengkapan mandi di dekat wastafel, sebab hal ini akan semakin membuat ruangan kamar mandi terlihat lebih sempit.

7. Manfaatkan Belakang Pintu

manfaatkan belakang pintu

Sumber: homebnc

Pintu di bagian belakang juga harus Anda manfaatkan untuk membuat kamar mandi menjadi lebih luas. Selain di tembok, Anda juga bisa menggunakan belakang pintu untuk meletakkan perlengkapan mandi, menggantung handuk saat mandi, menggantung baju, atau menyimpan berbagai jenis barang yang diperlukan.

8. Perhatikan Ukuran Peralatan Kamar Mandi

perhatikan ukuran dan bentuk peralatan kamar mandi

Sumber: design-milk

Ukuran toilet, bak mandi, atau bathtub harus sangat diperhatikan untuk kamar mandi sempit. Ukuran yang terlalu besar dan memakan tempat akan membuat kamar mandi semakin sempit dan tidak nyaman saat digunakan. Gunakanlah toilet atau bathtub yang memiliki desain oval dan jangan menggunakan yang berdesain bulat atau kotak. Toilet dengan desain oval akan menjadikan ruangan kamar mandi terlihat lebih lapang. Pilih juga bentuk dan ukuran wastafel dengan desain yang simpel agar tidak memakan banyak tempat.

Baca Juga :  Memilih Interior Rumah Sederhana

9. Gunakan Shower

gunakan shower

Sumber: home-designing

Penggunaan bathtub di kamar mandi akan membuat ruangan semakin sempit. Sebagai gantinya, sebaiknya gunakan shower untuk digunakan saat mandi dan tempatkan juga kaca bening di ruangan shower untuk memberikan persepsi ruangan yang lebih luas.

Jika ingin tetap menggunakan bak mandi, sebaiknya pilih bak mandi dengan dinding yang rendah, dasar yang datar, dan bentuk oval. Bak mandi jenis ini masih bisa juga Anda gunakan untuk shower dan juga bisa digunakan saat ingin berendam.

Itulah berbagai tips sederhana yang bisa Anda terapkan untuk membuat ruang kamar mandi kecil agar dapat terlihat lebih luas.

Untuk informasi lebih lengkapnya, silakan kunjungi website hjkreasindo

Atau langsung hubungi kontak di bawah ini :

HP. 0812-9485-9090

E-mail : ditehm@hernadhijaya.co.id