Lompat ke konten
Beranda » jasa desain interior » Interior kantor : Pengertian, fungsi dan tujuan

Interior kantor : Pengertian, fungsi dan tujuan

Interior kantor adalah ruang atau area dalam bangunan yang di gunakan sebagai tempat untuk bekerja bagi karyawan dari sebuah perusahaan maupun organisasi.

kantor Interior dapat berupa area yang sangat kecil,

seperti sebuah area kerja yang terletak pada sudut dalam suatu ruangan; ruang kecil dalam sebuah rumah; maupun dapat berupa ruang dalam satu atau beberapa lantai dalam suatu bangunan.

Fungsi utamanya adalah untuk mendukung penggunanya dalam melakukan pekerjaan mereka. Ruang kerja dalam kantor biasanya di gunakan untuk bermacam-macam kegiatan baik itu adalah kegiatan secara individu maupun kegiatan kelompok.

Baca Juga :  Tips dan Insipirasi Desain Ruang Kantor Pribadi

Kegiatan individu dapat mencakup kegiatan seperti membaca, menulis, bekerja dengan komputer; sedangkan kegiatan kelompok dapat mencakup kegiatan pertemuan, rapat, pendidikan / pelatihan.

Untuk mendukung kegiatan yang berbeda-beda dari fungsi kantor tersebut, kantor dapat terdiri dari beberapa jenis ruang kerja.

Selain ruang kerja individu / perorangan yang dapat berbentuk meja, kubikal atau ruangan; kita juga memerlukan ruang rapat, ruang duduk serta ruang-ruang untuk fungsi pendukung seperti tempat fotokopi dan arsip. Beberapa kantor juga memiliki area dapur dan ruang makan bersama untuk pegawai / karyawan.

Untuk mengatur ruang-ruang dalam kantor dapat dalam berbagai macam cara yang di sesuaikan dengan fungsi, jenis pekerjaan, susunan manajemen dalam perusahaan, ataupun dapat mengacu dari budaya perusahaan tersebut.

Baca Juga :  5 Desain Interior Kantor Minimalis Tapi Keren

Sedangkan setiap ruang dalam kantor juga memerlukan berbagai persyaratan yang mencakup persyaratan akan pencahayaan, jaringan dan juga persyaratan keamanan.

Semua hal tersebut perlu di perhatikan secara seksama dengan tujuan agar kantor dapat menjadi tempat kerja sebagai lingkungan yang aman, nyaman dan produktif.

tidak hanya mengacu pada aspek dekoratif dan fungsional ruang kerja saja, namun juga mencakup aspek Sustainability (keberlanjutan), Teknologi, 

Kesehatan & Kesejahteraan, dan Budaya Perusahaan. Kita juga harus memperhatikan bahwa desain tidak hanya menyelesaikan permasalahan perletakan meja dan kursi dan pendekatan ukuran yang sama untuk semua unit kerja.

sekarang telah di anggap sebagai bagian penting dan terintegrasi dalam menciptakan ruang kantor yang mendukung kesuksesan bisnis, baik itu yang sama sekali baru maupun pembaruan atau upgrade dari yang sudah ada.

Baca Juga :  Inilah 7 Keuntungan Memakai Desainer Interior

Pentingnya tata letak (layout)

Kantor Anda adalah tempat karyawan Anda bekerja setidaknya 9 jam sehari untuk memenuhi kebutuhan. Mereka berusaha memenuhi tugas mereka dalam membantu perusahaan tumbuh dan berkembang.

Di mana ruang mereka bekerja harus memotivasi mereka untuk bekerja lebih produktif dan memungkinkan mereka untuk melakukan tugas secara efektif.

Ruang kantor yang di rancang dengan baik harus bisa lebih dari sekadar pemandangan yang bagus / menyenangkan.

Hal ini bukan hanya tentang pengaturan dan desain interior kantor Anda. Tata letak interior kantor Anda menciptakan peluang bagi Anda, karyawan Anda, dan bisnis Anda.

Berikut adalah alasan mengapa tata letak interior kantor Anda penting.

Laman: 1 2 3