Lompat ke konten
Beranda » jasa desain interior » Ciri Khas Interior Rumah Klasik Jawa

Ciri Khas Interior Rumah Klasik Jawa

interior rumah klasik jawa sederhana memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan rumah lainnya. Hal inilah yang membuat desainnya terlihat unik dan menarik.

Bahkan ketika melihatnya saja, sudah bisa di bedakan dengan mudah. Ciri ini bisa di terapkan ke dalam konsep modern, namun harus di lakukan dengan cermat.

Perpaduan gaya modern dan klasik Jawa dapat menghadirkan desain hunian yang nampak sangat unik dan bisa menciptakan tren baru.

Nuansa rumah bergaya klasik memang lebih teduh dan umumnya di dominasi dengan material kayu sehingga lebih nyaman dan asri.

Desain Interior Rumah Klasik Jawa Sederhana Modern

Beberapa ciri yang di miliki oleh rumah klasik Jawa sederhana tentu harus di bawa meskipun di terapkan pada gaya modern. Hal tersebut di perlukan untuk memberikan identitas dan gaya yang lebih menarik pada sebuah hunian. Berikut beberapa inspirasi desainnya.

1. Rumah Jawa Klasik Tradisional

Rumah Jawa Klasik Tradisional
pinterest.com/andrerofa

Desain Interior rumah klasik jawa sederhana ini di bangun dengan menggunakan material kayu yang mendominasi. Bagian atapnya di buat sesuai dengan karakteristik rumah Jawa sehingga terlihat tradisional.

Desain klasik Jawa di kombinasikan dengan material lain seperti batu bata dan memiliki jendela yang kecil agar terlihat modern. Penempatan taman di sekeliling rumah membuat hunian teras asri dan adem.

Baca Juga :  Jasa Penataan Rumah Terpercaya di Bekasi

2. Rumah Panggung Mewah dengan Kolam

Rumah Panggung Jawa Mewah dengan Kolam
pinterest.com/widyahalim

Desain rumah Jawa tidak harus berkonsep tradisional. Di padukan dengan konsep rumah modern, gaya klasik Jawa terlihat sangat memukau. Penempatan area panggung membuat rumah terlihat modern dan elegan.

Di tambah suasana asri yang di pancarkan dari kolam membuat suasana rumah terasa nyaman. Penggunaan lampu menjadi pilihan tepat untuk memberikan konsep klasik yang mewah.

3. Jawa Klasik Modern

Rumah Jawa Klasik Modern
pinterest.com/vichet6690

Desain rumah ini cenderung lebih modern karena hanya menggunakan konsep tradisional Jawa untuk bagian atap saja. Bagian tiang di bangun dengan menggunakan material batu bata yang di kombinasikan dengan pagar kayu.

Perpaduan gaya tradisional dan modern ini membuat rumah terlihat unik. Sebelum masuk ke rumah utama, terdapat teras kecil untuk bersantai sambil mengobrol.

4. Jawa Tradisional Sederhana dengan Taman

Rumah Jawa Tradisional Sederhana dengan Taman
airbnb.com.au

Rumah ini menerapkan konsep klasik Jawa yang sangat kental mulai dari bagian atap, tiang, tangga hingga elemen lainnya.

Untuk memberikan kesan yang lebih modern, bagian depan rumah di berikan rumput berwarna hijau yang dikombinasi dengan batu koral sebagai penunjuk jalan. Di sekeliling rumah di tumbuhi pohon besar sehingga terasa adem.

5. Jawa Klasik Mewah dan Elegan

Rumah Jawa Klasik Mewah dan Elegan
wattpad.com

Gaya klasik Jawa mewah ini sangat cocok untuk bangunan sebuah villa. Hunian dengan lahan yang besar cocok menerapkan konsep desain ini.

Di padukan dengan gaya modern dengan kolam di tengah dan area bersantai membuat para penghuni dapat merasakan kenyamanan dan ketenangan. Ornamen lampu dan pintu di buat klasik agar unsur Jawa di bangunan ini lebih menonjol.

6. Modern Klasik Jawa

Rumah Modern Klasik Jawa
pinterest.com/kusnoutomo

Rumah modern ini mengusung tema klasik minimalis modern. Bagian atap menggunakan konsep atap Jawa klasik sehingga memancarkan kesan yang lebih mempesona.

tiang dan pintu di lengkapi dengan ukiran kayu yang membuat penampilannya semakin klasik. Bagian depan rumah di beri jalan batu koral dan garasi di sebelahnya untuk menambahkan kesan modern.

Baca Juga :  Desain Ruang Kantor Minimalis Modern

7. Rumah Jawa Sederhana Kombinasi Batu Bata

Rumah Jawa Sederhana Kombinasi Batu Bata
limasanjati.com

Rumah tradisional Jawa kebanyakan memang menggunakan material kayu sebagai bahan dasarnya. Penggunaan kayu pada komponen rumah merupakan pilihan yang tepat agar bangunan terlihat kokoh dan tahan lama.

Kombinasi batu bata di bagian depan rumah membuat kesan tradisional semakin terpancar.

8. Rumah Tradisional Jawa

Rumah Jawa Full Batu Bata Merah
pinterest.com/yaniachmad772

Konsep rumah yang di terapkan pada bangunan ini untuk memberikan kesan klasik Jawa tradisional yang menawan. Bagian tiang dan dinding hunian di dominasi dengan material batu bata.

9. Rumah Sederhana Klasik Full Kayu

Rumah Sederhana Klasik Full Kayu
griya-tumpengsolo.blogspot.com

Rumah ini di bangun dari material kayu full. Hampir seluruh bagian rumah di bangun dengan menggunakan kayu. Konsep tradisional dari rumah ini sangat terpancar karena penggunaan material kayu dan tidak ada tambahan ornamen lainnya.

Pintunya di buat di bagian tengah dengan pintu kaca yang besar sehingga mampu memancarkan kesan klasik Jawa.

Ciri-Ciri Rumah Klasik Jawa Sederhana

Desain Rumah Klasik Jawa Sederhana
pinterest.com/maya911

Penerapan ciri rumah klasik Jawa sederhana ke dalam konsep modern harus di lakukan dengan cermat agar tidak mengurangi pesona artistiknya.

Kombinasi gaya klasik dan modern dapat menciptakan rumah dengan kesan yang unik dan penuh filosofi. Simak beberapa cirinya sebagai berikut.

Pagar Mangkok

Rumah khas Joglo memiliki agar mangkok yang terbuat dari kayu. Ini merupakan ciri khas dari bangunan klasik Jawa. Pagar umumnya di bangun dengan ketinggian mencapai 1 meter.

Filosofi dari penggunaan pagar kayu ini adalah membaur dengan masyarakat. Untuk desain yang lebih modern, pagar bisa di bangun dengan material lain seperti besi atau batu alam.

Teras Menggunakan Empat Tiang

Rumah Joglo identik dengan bentuknya yang persegi panjang sehingga membutuhkan empat tiang di setiap sisinya. Bagian depannya di buat teras sebagai bentuk representasi dari rasa kekeluargaan. Fungsi utama area ini adalah untuk menyambut dan menerima tamu.

Baca Juga :  Contoh interior rumah minimalis

Menggunakan Susunan Kayu yang Proporsional

Rumah tradisional Jawa di bangun dengan material kayu yang mendominasi. Susunan kayu di buat sangat proporsional sehingga terlihat simetris. Ini merupakan ciri utama dari sebuah rumah Joglo.

Aspek tradisional rumah Jawa ini bisa di gunakan pada desain modern sebagai pendopo. Bagian ini bisa buat terbuka tanpa dinding sehingga sesuai dengan filosofi keramahan orang Jawa.

Atap Tajug

Ketika menerapkan gaya klasik Jawa pada rumah modern, penggunaan atap tajug tidak boleh di ganti. Hal tersebut di karenakan ini merupakan simbol khas rumah Jawa.

Pintu Utama Pada Bagian Tengah

Dalam desain rumah tradisional Jawa, pintu utama di letakkan pada bagian tengah dan sejajar dengan pintu bagian belakang.

Sehingga setiap tamu yang berkunjung bisa langsung melihat bagian belakangnya. Ciri ini tidak bisa di hilangkan dan sebaiknya di bawa ketika ingin di terapkan pada konsep desain modern.

Memiliki Jendela yang Besar dan Banyak

Jendela besar dan banyak merupakan ciri khas rumah Jawa yang di adaptasi dari desain rumah kolonial yang kemudian di kembangkan.

Fungsi utamanya adalah untuk memberikan udara yang segar bagi hunian.

Ruangan Rumah Jawa Klasik Full Kayu
rumahjoglo.net
Ruangan Rumah Jawa Klasik Interior Kayu
airbnb.co.id

Dengan menerapkan ciri-ciri rumah klasik jawa sederhana, Anda bisa menciptakan nuansa yang berbeda dalam sebuah hunian.

Konsep seperti ini cocok di terapkan pada rumah klasik hingga modern. Penggunaan material kayu dapat meningkatkan estetika dari desain interiornya.

Jika Anda berminat untuk membuat desain interior yang bagus dan murah, Anda dapat menggunakan jasa dari HJ Kreasindo.

Untuk informasi lebih lengkapnya, kunjungi website hjkreasindo

Atau langsung hubungi kontak di bawah ini :

HP. 0812-9485-9090

E-mail : ditehm@hernadhijaya.co.id