Lompat ke konten
Beranda » jasa desain interior » Inspirasi Interior Rumah Bali

Inspirasi Interior Rumah Bali

Apakah Anda tertarik mengaplikasikan gaya desain inspirasi interior rumah bali tersebut untuk menyempurnakan hunian Anda?

Desain Interior Rumah Bali arsitektur Bali akan membuat rumah Anda kental dengan nuansa kearifan lokal tanpa terkesan ketinggalan zaman. Ingin tahu aplikasi dari gaya desain ini untuk hunian di Indonesia?

Yuk, simak ciri-ciri rumah bergaya Bali di bawah ini agar Anda dapat menerapkannya secara mudah dan tepat.

1. Atap Berbentuk Limas

desain arsitektur bali atap limas

Sumber: Dezeen

Pada umumnya, rumah yang mengusung gaya Bali memiliki atap berbentuk limas (populer di sebut limasan). Tingkat kemiringan atap limasan berkisar antara 35 derajat hingga 60 derajat.

Namun, sebenarnya Anda juga bisa menghilangkan ciri khas ini jika menginginkan bentuk atap rumah yang lebih minimalis. Sebagai gantinya, nuansa Bali pada bagian-bagian rumah yang lain harus di tampilkan secara maksimal.

2. Halaman Rumah Berukuran Besar

desain arsitektur bali

Sumber: Youtube

Baca Juga :  Ide Desain Ruang Tamu Mewah Yang Patut Kamu Coba

Salah satu gaya desain arsitektur Bali pada rumah tropis adalah ukuran halaman rumah yang terbilang besar. Halaman yang besar akan memaksimalkan sirkulasi udara pada interior rumah sehingga rumah terasa sejuk.

Keberadaan halaman berukuran besar juga cocok untuk Anda yang hobi berkebun. Pastikan Anda membersihkan halaman rumah secara teratur supaya tidak di penuhi sampah dan debu.

3. Tembok Tinggi di Sekeliling Rumah

rumah bali kolam renang

Sumber: PegiPegi

Ukuran halaman rumah yang besar harus di imbangi dengan tembok tinggi supaya rumah terkesan megah dan privasinya tetap terjaga. Itulah sebabnya rumah bergaya Bali kerap di lengkapi dengan tembok tinggi.

Selain membuat rumah terkesan megah, tembok tinggi juga berfungsi efektif sebagai peredam kebisingan yang berasal dari luar rumah.

4. Sistem Ventilasi Rumah yang Tertata Rapi

interior rumah gaya bali

Sumber: Gapura Bali

Rumah Bali juga identik dengan sistem ventilasi udara yang tertata rapi. Biasanya rumah-rumah ala Bali tidak terasa pengap dan sejuk sepanjang hari karena terdiri dari jendela dan pintu yang bukaannya besar.

Aspek ini juga turut di dukung oleh halaman rumah yang besar dan di tumbuhi aneka pepohonan.

5. Unsur Batu Alam pada Badan Bangunan

keramik dinding batu alam

Sumber: decorativeview

Badan bangunan yang mengadopsi desain arsitektur Bali biasanya di lengkapi dengan unsur batu alam. Tak cuma memberikan kesan eksotis, penggunaan batuan alam juga efektif menyerap panas sehingga suasana rumah terasa sejuk.

Baca Juga :  Desain Gedung Kantor Minimalis

Jenis batu andesit paling sering di gunakan untuk memperkuat nuansa Bali karena harganya terjangkau, mudah di dapat, dan bisa di susun sesuai selera.

6. Pintu Masuk Berukuran Kecil

angkul-angkul pintu rumah bali

Sumber: Lagas Jaya

Pintu masuk bangunan khas Bali biasanya berukuran kecil dan memiliki bentuk yang sangat khas. Desain pintu bangunan Bali tersebut di sebut angkul-angkul. 

Saat ini, model angkul-angkul sudah banyak di sesuaikan dengan gaya arsitektur modern sehingga bentuknya lebih simpel dan tetap menarik.

Keberadaan angkul-angkul juga sangat bermanfaat untuk menciptakan batas yang jelas antara interior dan eksterior rumah.

7. Dekorasi dari Aneka Tanaman Tropis

tanaman indoor tropis dengan desain arsitektur bali

Sumber: Kompas

Ada berbagai tanaman tropis yang identik dengan nuansa Bali. Anda patut memelihara aneka tanaman tersebut untuk memperkuat kesan hunian bergaya Bali.

Beberapa tanaman yang patut Anda siapkan antara lain pohon kamboja, pisang Bali, pandan Bali, dan teratai. Rawatlah tanaman tersebut secara telaten agar tumbuh subur dan tidak membuat halaman terkesan berantakan.

8. Di isi dengan Furniture Kayu dan Rotan

7 furniture kayu jawa bali

Sumber: The Honeycombers

Baca Juga :  Tips dan Insipirasi Desain Ruang Kantor Pribadi

Desain arsitektur rumah Bali belum lengkap kalau Anda tidak memiliki furniture kayu dan rotan bernuansa tradisional. Pilihlah furniture yang terbuat dari bahan kayu dan rotan berkualitas supaya tahan lama bila di gunakan bertahun-tahun. 

Furniture kayu dan rotan bisa di rawat secara mudah dengan mengelapnya secara teratur dan membersihkannya dengan cairan pembersih khusus.

Proses perawatan bahkan harus di lakukan secara ekstra cermat bila Anda menempatkan furniture kayu atau rotan pada bagian outdoor rumah.

Jika Anda tertarik dengan rumah bergaya tradisional khas Indonesia, desain arsitektur Bali dapat menjadi salah satu solusi terbaik. Wujudkan rumah impian yang nyaman dan bernuansa unik sesuai selera dan persiapan bujet Anda.

Jika Anda berminat untuk membuat desain interior yang bagus dan murah, Anda dapat menggunakan jasa dari HJ Kreasindo.

Untuk informasi lebih lengkapnya, kunjungi website hjkreasindo

Atau langsung hubungi kontak di bawah ini :

HP. 0812-9485-9090

E-mail : ditehm@hernadhijaya.co.id