Lompat ke konten
Beranda » berita & tips » Contoh Perabot Kantor dan Fungsinya

Contoh Perabot Kantor dan Fungsinya

Perabot Kantor adalah benda atau barang yang terbuat dari besi dan kayu ataupun bahan lainnya yang di gunakan untuk melaksanakan tugas tata usaha atau administrasi.

Perabot kantor atau furniture kantor (Office Furniture) memiliki sifat tahan lama dan dapat di gunakan dalam waktu yang panjang, contohnya seperti kursi, lemari dan meja.

Selain untuk kegiatan administrasi, alat yang di sebutkan di atas berfungsi juga sebagai bagian desain tata ruang kantor.

Dengan furniture – furniture yang di kombinasikan dengan pencahayaan, warna cat, dekorasi dsb. Maka akan menciptakan suasana kerja yang nyaman, baik bagi para karyawan ataupun para costumer yang datang.

Pengertian Perabot Kantor Menurut Para Ahli

  • Menurut Drs. The Liang Gie Perabot kantor merupakan jenis perbekalan tata usaha yang terbuat dari kayu atau metal yang mempunyai susunan (misalnya pintu-pintu atau laci-laci) dan diam di tempat.
  • Menurut CHR. Jimmy L. Gaol Furnitur kantor adalah Sarana prasarana yang menunjuang kegiatan administrasi dalam suatu kantor seperti meja, kursi, lemari dan sebagainya. Perabot kantor adalah sarana kantor yang tidak habis di pakai dan dapat di gunakan berulang-ulang dalam jangka waktu panjang. Perabot kantor biasanya terbuat dari bahan kayu, besi dan bahan lainnya yang tahan lama.
Baca Juga :  harga furniture custom | harga kitchen set

CONTOH PERABOT KANTOR

Berikut ini adalah beberapa contoh furniture atau perabot kantor.

Daftar Perabot Kantor

  • Meja Staff
  • Meja Resepsionis
  • Meja Direksi
  • Meja Samping
  • Meja Rapat
  • Kursi Direktur
  • Kursi Hadap
  • Kursi Lipat
  • Kursi Tunggu
  • Lemari Kantor
  • Filling Cabinet
  • Rotary Filling dll

1. MEJA KERJA

Meja kerja mempunyai ukuran yang di sesuaikan dengan kedudukan dana jabatan orang dalam perusahaan. Semakin tinggi jabatan maka semakin besar pula meja kerjanya.

Meja kerja di buat dengan hitungan ketinggian atau sudut tertentu agar nyaman ketika di gunakan. Pada umumnya, meja kerja memiliki tinggi kurang lebih 0,75 Meter dengan jarak antara mata pengguna dengan permukaan meja kurang lebih 32 cm.

Baca Juga :  jual karpet tile tasikmalaya

Di perkantoran, terdapat beberapa jenis meja dengan peruntukan yang berbeda pula. Setiap meja terkadang mempunya bentuk dan karakter tersendiri, di antaranya adalah.

A. Meja Staff atau Meja Tulis

perabot kantor

Meja staf adalah meja yang di gunakan oleh para karyawan untuk kegiatan pekerjaan, mulai dari mengetik, editing, membuat laporan, mengelola data dan sebagainya.

Adapun, meja staff di sebut juga meja tulis, ia sering di pakai, terutama oleh karyawan yang biasa mengurusi bagian administrasi ataupun tata usaha.

Untuk bentuk meja staff, ada yang berdiri sendiri dan ada juga yang menyambung dengan meja lain, biasanya nanti di pisahkan oleh sekat pembatas antar mejanya.

B. Meja Resepsionis

Fungsi meja resepsionis adalah untuk menerima tamu atau memberikan layanan informasi pada tamu/costumer yang datang ke perusahaan, baik untuk menyampaikan keluhan, mencari informasi atau melakukan transaksi.

Umumnya, meja resepsionis di letakan pada bagian depan kantor atau pintu masuk. Setiap perusahaan pasti mempunyai resepsionis yang bertugas untuk menerima, menyambut dan melayani kebutuhan tamu.

C. Meja Direksi

Meja Direksi adalah meja yang di gunakan oleh pimpinan perusahaan, mulai dari Presiden Direktur atau Direktur utama sampai direktur-direktur lain yang membawahi bagiannya masing-masing.

Baca Juga :  Kesalahan memasang karpet tile yang harus kamu hindari

Desain dan ukuran meja direksi berbeda dengan meja staff. Selain karena kebutuhan kerja para direktur, meja direksi juga di desain untuk melambangkan kekuatan dan ketegasan.

D. Meja Samping

Meja Samping biasanya di gunakan oleh sekretaris pimpinan. Seperti di ketahui setiap pimpinan mempunyai seorang Sekretaris yang harus selalu siap membantu pimpinannya.

Tugas sekretaris utamanya adalah untuk membantu membuatkan dokumen-dokumen yang di butuhkan pimpinan, mengatur dan mencatat hasil rapat, memastikan persedian perlengkapan kantor dsb.

E. Meja Rapat

furniture kantor

via bukalapak.com

Meja rapat adalah meja yang di gunakan untuk kegiatan rapat perusahaan. Umumnya, meja ini mempunyai ukuran besar dengan bentuk persegi panjang, huruf U ataupun melingkar. Namun, ukuran meja rapat di sesuaikan dengan ruangan dan jumlah peserta rapat

Meja rapat dalam aturan penggunaanya di kantor biasanya di gunakan oleh direksi, staff perusahaan atau delegasi para klien perusahaan untuk pembahasan proyek, evaluasi kerja ataupun hal lainnya.

Laman: 1 2