jasa desain interior gratis

jasa desain interior gratis – Umumnya, Tarif atau biaya desain interior terhitung per meter persegi. Itu lazimnya. Namun, seiring perkembangan dunia desain interior, banyak yang menerapkan tarif atau harga jasa desain mulai dari per fungsi ruang, persentase, bahkan gratis alias free of charge.

Mari kita mulai dari sebuah proposisi; kalau ada yang gratis, kenapa mesti berbayar? Pernyataan yang tidak sepenuhnya keliru. Tetapi mengandung persoalan. Kita akan bahas itu pada artikel ini.

Baca Juga :  pengalaman menggunakan jasa desain interior

Sebelumnya, kita harus tahu dulu kenapa ada perbedaan dari setiap studio interior, perusahaan penyedia jasa desain interior, atau bahkan individu-individu designer (freelancers) saat menerapkan hitungan atau bayaran atas pekerjaan mereka.

Seperti telah kita bahas, adalah sebuah kelaziman saat mempersoalkan perbedaan tarif design yang terpakai. Selain menggunakan ukuran per meter persegi, ada juga yang free of charge alias gratis.

Ini merupakan keumuman dalam industri jasa desain interior atau bahkan arsitektur se Indonesia. Ya, pada Indonesia, kita tidak akan membahas bagaimana proses bisnis interior ataupun jasa arsitek pada Negara lain. Karena bisa saja jauh berbeda.

Pertanyaan penting pertama, sebenarnya bukanlah persoalan berbayar, gratis, persentase, ataupun metode penghitungan tarif yang lain, tetapi mengapa kita membutuhkan bantuan jasa desainer interior atau arsitek saat merancang hunian, tempat tinggal, apartemen, kantor, atau secara umum ruang interior? Apakah keahlian mereka benar-benar kita butuhkan?

Baca Juga :  Jasa Interior Kamar Tidur

Untuk bisa mendapatkan gambaran jawabannya, kita mesti bahas terlebih dahulu apa yang di maksud dengan desain interior itu sendiri?

Pages: 1 2 3