Jenis Partisi Ruangan Yang Wajib di Ketahui

Desain Partisi Ruangan dan Partisi Dinding sebagai Penyekat agar lebih Cantik

Jenis partisi ruangan – Partisi ruangan atau partisi dinding sebagai penyekat antar ruang mulai populer di gunakan ketika konsep ruangan yang terbuka atau open space menjadi konsep yang di aplikasikan pada rumah-rumah minimalis, dengan ruang dan lahan yang terbatas.

Selain membuat ruangan terlihat lebih lebar, penggunaan partisi juga membuat ruang lebih terasa hangat dan nyaman. 

Macam Desain Partisi Ruangan atau Partisi Dinding untuk Penyekat Ruangan

Jenis partisi ruangan – Umumnya partisi ruangan di gunakan sebagai pemberi sekat dan menjaga privasi antar ruang agar penghuni rumah lebih leluasa beraktifitas.

Terdapat beberapa desain partisi yang bisa Anda gunakan sebagai penyekat antar ruang. Selain cocok di gunakan untuk rumah minimalis Anda, desain ini akan membuat rumah Anda terlihat lebih unik dan menarik. 


1. Partisi Kaca

Jika hendak menggunakan partisi kaca, daripada menggunakan kaca yang tembus pandang dan bening, gunakan kaca yang buram dan tebal.

Baca Juga :  Jual Partisi Ruangan Portable dan Permanen

Jangan lupa untuk menggunakan rangka solid sebagai penopang. Pemilihan kaca yang baik juga akan membuat ruangan terlihat lebih minimalis namun tidak terlihat penuh. 


Anda bisa menggunakan kaca secara penuh mengelilingi ruangan seperti tembok, ataupun hanya menggunakannya pada satu sisi saja.

Terdapat banyak variasi kaca yang bisa di gunakan, dari penyetelan transparansi otomatis hingga antiUV. 


2. Partisi Bata

Tren menggunakan partisi ruangan dengan menggunakan desain bata yang terlihat mentah juga mulai marak di gunakan.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, selain hemat dan terkesan minimalis, bata tanpa pelapis akan memberikan kesan industrial yang menarik pada ruangan. 


Penggunaan bata akan membuat ruang tertutup secara sempurna karena bahannya yang solid dan padat. Tak perlu memutari ruang secara keseluruhan, cukup sebaris untuk memberikan penyekat di satu sisi ruang. 

3. Partisi Blok Kaca

Berbeda dengan sebelumnya yang hanya menggunakan satu lapis kaca sebagai pembatas, blok kaca menggunakan model bentuk yang lebih menarik.

Ia berupa kotak-kotak yang di susun sedemikian rupa untuk menjadi pembatas antar ruangan. Bahkan ia memiliki motif dan warna tertentu yang bisa Anda pilih sesuai selera. 

Baca Juga :  Ide Partisi Untuk Ruang Tamu


Partisi dinding ini merupakan unit kaca tembus pandang dengan ketebalan dan ukuran yang berbeda-beda, sehingga memberikan pembatas ruangan yang tebal dan dekoratif sekaligus. 

4. Partisi Kayu

Tak lekang oleh waktu, kayu juga bisa di gunakan sebagai penyekat antar ruang.

Dengan dominasi warna natural, Anda bisa berkreasi lebih luas dengan papan tersebut, Anda bisa memberinya desain serta pola beragam warna ataupun membiarkannya tetap polos, sesuaikan saja dengan konsep ruang yang ingin Anda perlihatkan. 


Namun, Anda harus menjaga partisi ini dengan lebih intensif, karena ia mudah di makan rayap karena hanya berupa bahan alami. Jika tidak keberatan tambahkan pelitur atau cat anti rayap untuk membuatnya tetap awet. 

5. Partisi PVC Board

Bahan PVC board sangatlah ideal apabila digunakan sebagai pengganti akrilik, kayu, dan aluminium. Karena keunggulan fitur yang diberikan PVC board inilah yang mmebuat material ini sangat cocok untuk diaplikasikan baik pada interior maupan eksterior, dan building construction.

6. Partisi WPC

WPC merupakan kepanjangan dari wood plastic composite, yang secara bahasa dapat diartikan sebagai komposit kayu plastik. Composite sendiri dapat diartikan sebagai campuran.

Baca Juga :  7 Ide Pembatas Ruang Tamu dan Dapur

Jadi, WPC adalah campuran antara kayu dan plastik. WPC merupakan sebuah material baru yang tersusun dari elemen kayu dan plastik yang dilebur menjadi satu dan membentuk sebuah material baru, yaitu WPC.

WPC adalah alternatif pengganti kayu masa kini. Harga kayu yang semakin meningkat dan eksploitasi penggunaan kayu membuat kita harus mulai melestarikan kayu.

WPC dibuat dengan komposisi serat plastik 50% dan serbuk kayu 50%. WPC dapat memberikan kekuatan dan keindahan yang menyerupai kayu dengan daya tahan dan kelebihan serta keunggulan polimer atau plastik.


Itulah macam partisi dinding yang bisa Anda gunakan untuk menjadi penyekat antar ruangan. Pilihlah sesuai konsep rumah yang Anda inginkan dan maksimalkan dengan hiasan yang menarik agar rumah Anda terlihat makin indah.

bagi anda yang ingin membeli partisi murah berkualitas, anda dapat membeli nya di hjkreasindo.com