Lompat ke konten
Beranda » Artikel » Mengenal SMK Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Mengenal SMK Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Desain Interior dan Teknik Furnitur – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang menyiapkan siswa menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang profesional sesuai keahliannya.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di selenggarakan untuk memasuki lapangan kerja atau mengikuti pendidikan keprofesian pada tingkat yang lebih tinggi.

Salah satu kompetensi keahlian yang akan kita bahas kali ini adalah Desain Interior dan Teknik Furnitur (DITF). Desain Interior dan Teknik Furnitur (DITF) merupakan salah satu Kompetensi Keahlian dari Program Keahlian Seni Rupa, pada Bidang Keahlian Seni dan Industri Kreatif. Untuk informasi lebih lengkapnya silakan simak artikel kali ini.

Baca Juga :  Tips Bisnis Jasa Desain Interior untuk Pemula

Mengenal SMK Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Desain Interior adalah sebuah ilmu yang mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruang di dalam sebuah bangunan.

Tentunya perencanaan tersebut dengan mempertimbangkan beberapa elemen agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Elemen-elemen tersebut antara lain adalah lantai, dinding, langit-langit, estetis (keindahan), bukaan (jendela, pintu, ventilasi), dan pencahayaan.

Tujuan dari perancangan interior ini tidak hanya memaksimalkan fungsi ruangan namun juga untuk kenyamanan penghuninya dengan unsur estetika yang di ciptakan.

Furnitur adalah istilah yang di gunakan untuk perabot rumah tangga yang berfungsi sebagai tempat penyimpan barang, tempat duduk, tempat tidur, tempat mengerjakan sesuatu dalam bentuk meja atau tempat menaruh barang di permukaannya. 

Baca Juga :  Jasa Desain Interior Kantor Terpercaya

Furnitur dapat terbuat dari kayu, bambu, logam, plastik dan lain sebagainya. Dengan menyajikan furnitur yang tepat, maka rumah anda akan makin indah, menarik, dan nyaman.

Teknik furnitur akan mempelajari bagaimana proses pembuatan furnitur dan bagaimana menyajikan furnitur yang tepat dalam sebuah ruangan. 

SMK Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur ini secara lengkap mempelajari bagaimana mendesain sebuah ruangan beserta perabot yang ada di dalamnya.

Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif) SMK Jurusan Desain Interior dan Teknik Furnitur

Untuk mempersiapkan siswa agar dapat menjadi tenaga ahli yang memilki keterampilan yang dapat di terima di lingkungan masyarakat pada umumnya dan industri pada khususnya, siswa akan di bekali dengan mata pelajaran produktif berikut ini :

  • Dasar Desain Interior dan Teknik Furnitur
    Mata pelajaran ini akan membahas bagaimana menjabarkan konsep dasar ruang (space) dan ruangan (interior). Selain itu juga akan membahas mengenai pembagian area, tata letak, aspek budaya, dan arsitektural desain interior. Untuk teknik furnitur, materi dasar yang di ajarkan adalah memahami bahan, proses pembuatan, finishing furnitur, hingga melakukan perawatan pada furnitur.
  • Gambar Teknik dan Presentasi
    Materi pokok pada mata pelajaran ini adalah bagaimana menggunakan peralatan gambar teknik, hingga membuat gambar denah interior dan desain furnitur baik secara manual maupun digital. Siswa juga akan di ajarkan bagaimana mempresentasikan hasil gambar interior dan gambar kerja furnitur.
  • Desain Interior
    Mata pelajaran ini akan menjabarkan konsep dasar hingga membuat desain untuk interior hunian, apartemen, ruang komersial, cafe, hotel, hingga kantor.
  • Teknik Furnitur
    Mata pelajaran ini akan membahas bagaimana melakukan pengukuran dan perhitungan bahan dalam pembuatan furnitur, membuat kerangka furnitur, hingga melakukan penyempurnaan finishing furnitur. Siswa juga akan di ajarkan bagaimana merawat alat-alat pekerjaan furnitur dan alat-alat finishing furnitur.
Laman: 1 2