pengertian fiberglass dan cara pembuatannya

Pengertian Fiberglas – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya fiberglas, Tapi, tidak semua orang bisa menjelaskan tentang fiberglass dengan detail. Padahal fiberglass ini banyak di gunakan dalam kehidupan sehari hari. Jadi, di sini kami akan menjelaskan tentang Pengertian Fiberglas.

Pengertian Fiberglas

Pengertian Fiberglas – Fiberglass adalah serat kaca yang berasal dari kaca cair yang di tarik menjadi serat tipis. Serat ini lalu di pintal menjadi benang atau di tenun menjadi seperti kain.

Lalu, di resapi dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat dan tahan korosi.

Banyak orang yang menganggap fiberglass ini mudah pecah karena bahannya dari kaca. Namun, setelah di olah dengan berbagai macam proses penekanan, cairan atau bubuk kaca berubah menjadi serat. Proses inilah yang membuat kaca menjadi serat yang kuat dan tidak mudah pecah.

Anda ingin membeli fiberglass yang berkualitas dengan harga yang murah? tapi anda bingung membeli di mana?. Nah, di sini kami punya jawabannya, kami sangat merekomendasikan toko dan distributor yang sangat terpercaya.

Baca Juga :  Fiberglass kerajinan

Langsung saja anda kunjungi Sustaining Towers di jamin harganya murah tapi tidak murahan dan tentunya barangnya berkualitas, Mengapa? karena di sana adalah distributor tanganan pertama.

Kegunaan Fiberglass

Pengertian Fiberglas – Fiberglass ini mempunyai sejarah, yang di gunakan untuk keperluan perang. Tapi, seiring dengan perkembangan jaman, teknologi, dan inovasi sudah mulai mengalami peningkatan fungsi sebagai bahan pembuatan atap, mobil, perahu, tangki air, perahu, payung promosi, dan sejenisnya.

Sifat mekanik fiberglas tergantung dari beberapa faktor, seperti jenis serat, orientasi, dan desainnya. Jika anda ingin mengetahui lebih jelas tentang fiberglas, anda bisa mengunjungi situs Sustaining Towers

Bahan Dasar Fiberglas

  • Resin, resin adalah bahan kimia yang berbentuk cair, yang menyerupai minyak goreng tapi berbentuk kental.
  • Katalis, cairan ini bisa di bilang pendamping setia resin, cairan ini biasanya berwarna bening dan berbau sengak. Semakin banyak katalis, maka akan semakin cepat adonan mengeras. Caran ini jika mengenai kulit akan terasa panas.
  • Kalsium Karbonat, Bahan ini berbentuk bubuk yang berwarna putih menyerupai tepung terigu. Bahan ini berfungsi sebagai pengental adonan fiberglas utama (resin, katalis, dll) Semakin banyak campuran Kalsium Karbonat pada adonan, maka hasil fiberglass akan menjadi lebih tebal dan berat. Bahan ini dapat di ganti dengan Talc, tetapi warna Talc agak lebih gelap.
  • Met/ Matt, bahan ini merupakan bahan serat kaca. Bahan ini berfungsi sebagai serat penguat adonan fiberglass ketika akan di cetak, agar hasilnya menjadi lebih kuat dan tidak mudah pecah. Bentuk met bermacam-macam, ada yang mirip bihun, kain, karung dan sarang lebah. Tetapi yang sering kita jumpai di pasar yang berbentuk seperti bihun
  • Kobalt, Kobalt adalah bahan kimia yang berbentk cair, berwarna biru mirip tinta dan mempunyai aroma tidak sedap. Cairan ini di pakai untuk tambahan campuran adonan resin dan katalis, agar adonan lebih merekat pada met dan mempercepat pengerasan adonan fiber. Terlalu banyak menambahkan Kobalt dapat mengakibatkan hasil fiber yang getas (rapuh).
  • Wold (Mold Release), Bahan ini berbentuk seperti mentega/keju ketika masih dalam wadahnya, yang berfungsi sebagai pelicin pada tahap pencetakan yang menggunakan mal/molding, agar antara molding dengan hasil cetakan tidak saling merekat, sehingga dengan mudah dapat di lepaskan.
Baca Juga :  bahan fiberglass adalah | pengertian fiberglass

Proses Pembuatan Fiberglas

Cara pembuatan fiberglas ini ada 3, yaitu:

  1. Mencampur 6 bahan utama menjadi bahan dasaran
  2. Membuat campuran penguat, dan
  3. Finishing atau penyempurnaan

Agar dapatdi hasilkan kualitas Fiberglass yang kuat,campuran bahan untuk master cetakan harus lebih tebal dari pada Fiberglass hasil, yaitu sekitar 2-3 mm atau lakukan 3-4 kali pelapisan.

Jika anda ingin membeli fiberglas yang berkualitas dengan harga yag murah anda bisa mengunjungi Sustaining Towers. Di sana adalah toko dan distributor yang terpercaya. Anda juga tidak perlu khawatir jika rumah anda berada jauh dari kota kami bahkan pulau.

Karena, kami juga melayani di seluruh Indonesia. Jadi tunggu apalagi? segera hubungi Sustaining Towers dan dapatkan fiberglas yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dan pelayanan terbaik dari kami.

Baca Juga :  KUBAH MASJID FIBERGLASS JAKARTA

bagi anda yang ingin membuat produk dari fiberglass, anda dapat menghubungi hjkreasindo.com atau hjkarpet.com