Lompat ke konten
Beranda » Furniture » cara menghitung harga meja hpl

cara menghitung harga meja hpl

cara menghitung harga meja hpl – Pernah gak sih, sempet kepikiran? Penasaran nih pengen tahu sebenarnya berapa sih Harga Pokok Produksi (HPP) furnitur yang kita beli? Baik itu meja maupun lemari atau perabot rumah tangga lainnya.

Akhirnya timbulah beberapa desain minimalis dan ekonomis tapi tidak mengurangi nilai estetikanya, yang sekarang sedang tren adalah model Scandinavian, yang identik dengan warna putih dan pastel, dan ini sudah di adopsi oleh merk terkenal seperti IKEA.

Baca Juga :  Tips Memilih Jasa Pembuatan Kitchen Set

Di pembahasan sebelumnya kita pernah bahas material dan material finishing yang di gunakan untuk pembuatan furnitur. Dari material yang murah sampai yang mahal.

Kali ini saya akan berbagi, bagaimana sih cara mengetahui perhitungan harga dan berapa sih sebenarnya harga pokok produksi sebuah furnitur. Di latarbelakangi dengan pengalaman saya bekerja sebagai estimator di industri furnitur, pada salah satu perusahan manufaktur furnitur.

Perhitungan Bahan Utama

Kebutuhan MDF

cara menghitung harga meja hpl – Bahan material yang ada di pasaran untuk Plywood, MDF maupun Particle board berukuran standard 1220 x 2440 mm, begitu juga dengan ukuran bahan pelapisnya seperti HPL dan PVC.

Sekarang kita ambil contoh yang simple untuk memulai perhitungan bahannya, meja kerja dengan ukuran 1200 x 600 x 750 mm. Gambar berikut.

Baca Juga :  Workshop Interior Terdekat di Bekasi dan sekitarnya

Meja ini mempunyai 3 (tiga) komponen utama antara lain:

Top Panel

Untuk ukuran top panel meja ini adalah 1200 x 600 mm, kali ini kita pakai ketebalan panel 20mm, dan menggunakan bahan MDF (Medium Density Fibreboard) tebal 18mm ditambah HPL untuk kedua sisinya.

Dari ilustrasi gambar dapat dilihat bahwa untuk kebutuhan top panel sebuah meja membutuhkan seperempat bagian dari ukuran MDF, jadi di dapat koefisien sebesar: 0.25 lembar MDF 18mm

Side Panel

Untuk ukuran side panelnya adalah 580 x 720 mm, dengan ketebalan panel 20mm, menggunakan material yang sama dengan top panelnya.

Dari ilustrasi gambar dapat dilihat bahwa untuk kebutuhan side panel sebuah meja membutuhkan dua per enam bagian dari ukuran MDF, jadi di dapat koefisien sebesar: 0.333 lembar MDF 18mm.

Laman: 1 2