Lompat ke konten
Beranda » Artikel » Cara Menghitung Biaya Renovasi Kantor

Cara Menghitung Biaya Renovasi Kantor

Sedang berencana untuk melakukan peremajaan kantor? Selain memilih desain bangunan yang tepat, memperkirakan biaya renovasi kantor tentu jadi salah satu aspek penting. Apalagi setiap tahunnya, harga material dan biaya jasa tukang juga semakin naik. Bila tidak di hitung secara rinci, bukan tidak mungkin Anda malah boncos nantinya.

Namun jangan khawatir, kali ini hjkreasindo akan memberikan ulasan seputar estimasi biaya renovasi kantor yang bisa jadi panduan untuk Anda. Yuk simak!

Cara Menghitung Biaya Renovasi kantor

Agar tidak kaget dengan besarnya biaya renovasi kantor, berikut adalah beberapa biaya yang dapat Anda pertimbangkan.

1. Biaya tanah dan bangunan

Biaya tanah dan bangunan harus masuk ke dalam contoh rencana anggaran biaya renovasi kantor terutama bila Anda belum memiliki tanah atau akan menambah luas bangunan.

Untuk menghitung biaya renovasi kantor per meter, tentukan terlebih dahulu berapa meter tanah yang akan di gunakan, semisal Anda membutuhkan 50 meter persegi.

Lalu ketahui pula berapa biaya tanah per meter di tempat tersebut, misal Rp1.500.000/meter persegi. Berarti biaya yang Anda butuhkan adalah 50 x Rp1.500.000 = Rp75.000.000.

2. Biaya jasa dan material

Cara menghitung biaya renovasi kantor selanjutnya adalah memperkirakan biaya jasa dan material. Ketika melakukan perhitungan biaya ini, Anda tidak akan pusing lagi dengan pembelanjaan material bangunan satu per satu. Gampang, bukan?

Nah, biaya renovasi kantor per meter apabila skala renovasi cukup besar berada pada kisaran Rp2.500.000 sampai Rp4.000.000/m2. Meskipun rentangnya cukup jauh, tetapi dengan memilih rentang terendah pun, Anda tetap akan mendapatkan material bangunan berstandar SNI.

Baca Juga :  Macam Furniture Apartemen Custom dan Harganya

3. Biaya tenaga kerja

Biaya renovasi kantor sederhana maupun mewah juga perlu memperhitungkan biaya tenaga kerja. Anda dapat memilih apakah akan memberlakukan sistem borongan harian, borongan jasa, atau borongan penuh.

Pada sistem borongan harian, per orang pekerja di kenakan tarif sekitar Rp125.000-Rp150.000. Namun perlu di ingat bahwa biaya tersebut belum termasuk biaya material. Adapun kelemahan dari sistem ini adalah potensi kemoloran durasi pengerjaan yang menyebabkan biaya membengkak.

Sementara sistem borongan jasa tidak mengharuskan Anda untuk membayar pekerja per harinya karena pembayaran di dasarkan pada perhitungan luas bangunan renovasi.

Sistem borongan jasa ini berada pada kisaran Rp1.000.000-Rp1.500.000/m2. Di bandingkan dengan sistem borongan harian, biaya tenaga kerja untuk borongan jasa tidak tergantung pada lamanya pengerjaan. Artinya bila terjadi kemoloran, Anda tidak perlu membayar lebih.

Untuk borongan penuh, Anda tidak perlu menghitung berapa biaya material dan biaya lainnya. Kontraktor akan memberikan spesifikasi harganya untuk Anda.

4. Biaya lain-lain

Nah, agar Anda tidak melewatkan satupun cara menghitung biaya renovasi kantor, sebaiknya Anda juga menyiapkan anggaran tambahan guna memperkirakan adanya perubahan di tengah pengerjaan. Perubahan dapat terjadi karena peningkatan harga material atau Anda bisa jadi ingin menambahkan ornamen di sela pengerjaan renovasi.

Besarnya biaya lain-lain sebaiknya Anda perkirakan sejumlah 10% dari total estimasi biaya. Jadi, sudah siapkah Anda merenovasi kantor?

Contoh Rencana Anggaran Biaya Renovasi kantor

Bagi Anda yang mencoba membuat estimasi biaya dan memerlukan contoh rencana anggaran biaya renovasi kantor, berikut adalah referensi tepat bagi Anda.

Apabila Anda menggunakan sistem borongan jasa, maka Anda bisa menggunakan rumus perhitungan biaya di bawah ini:

Baca Juga :  Manfaat bila kamu memasang karpet vinyl dirumah

1.Total biaya = (Biaya borongan x Luas kantor) + (Harga tanah x Luas tanah)

Atau jika ingin membandingkannya dengan upah harian, berikut adalah rumus perhitungannya.

2. Total biaya = Biaya material + Biaya tukang + (Harga tanah per m2 x Luas tanah)

Sedangkan renovasi kantor berupa penambahan luas lantai dapat di hitung dengan rumus berikut.

3. Total biaya = Jumlah lantai x Luas kantor x Harga tiap m2

Untuk lebih jelasnya, berikut ilustrasi perhitungannya.

Sebuah tipe kantor 45 di renovasi dengan menambahkan ruangan seluas 20 meter persegi. Pengerjaan menggunakan sistem borongan jasa bertarif Rp1.500.000 sedangkan harga tanah adalah Rp1.500.000/m2. Maka estimasi biayanya adalah:

(Biaya borongan x Luas kantor) + (Harga tanah x Luas tanah)

(Rp1.500.000 x 45) + (Rp1.500.000 x 20)

Total biaya = Rp97.5 juta

Standar biaya renovasi kantor

Selain estimasi biaya total, Anda juga perlu mengetahui besaran biaya renovasi kantor berdasarkan jenis kantornya.

1. kantor mewah

Untuk rumah mewah memiliki budget di atas Rp4.500.000 per meter perseginya. Adapun material bangunan yang di gunakan adalah lantai granit, rangka atap baja ringan di sertai penutupnya yaitu genteng flat/lembaran/bergelombang, plafon gypsum, plesteran semen instan serta dinding bata ringan.

2. kantor standar

Berbeda dengan kantor mewah, kantor standar memiliki harga per meternya senilai Rp3.600.000-Rp4.000.000.

Sedangkan pilihan material bangunannya berupa plafon berkelas di bawah rumah mewah, rangka plafon multipleks/gipsum, rangka atap baja ringan tidak bermerek di sertai penutupnya genting beton bermerek, plesteran campuran semen konvensional dan instan, dinding pasangan batu bata ringan, dan lantai homogenous tile.

3. kantor biasa

kantor biasa adalah kantor yang estimasi biaya per meternya senilai Rp2.800.000-Rp3.400.000, dengan pilihan material berupa lantai keramik tanpa merek buatan China, plafon multipleks, rangka atap kayu, penutup atap berupa genteng beton atau tradisional, dinding batu bata, dan plesteran semen konvensional.

Tips Renovasi kantor

Nah, jika Anda sudah membuat contoh rencana anggaran biaya renovasi kantor, maka tips-tips renovasi kantor berikut ini akan bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga :  Inspirasi Interior Rumah Belanda

1. Susun rancangan dengan matang

Rancangan renovasi kantor adalah hal terpenting yang harus di jadikan patokan utama, sehingga menyusunnya dengan matang merupakan sebuah keharusan.

2. Sesuaikan luas bangunan

Biaya renovasi kantor sederhana dapat di wujudkan dengan cara memanfaatkan luas bangunan dan tanah yang sudah Anda miliki. Alih-alih menganggarkan dana guna perluasan tanah, Anda dapat mengeksplor tanah milik Anda dan meminimalkan dana.

3. Siapkan anggaran lebih awal

Walaupun rencana renovasi kantor akan di laksanakan beberapa waktu ke depan, tidak ada salahnya bagi Anda menyiapkan anggaran lebih awal. Konsistenlah dengan pos-pos anggaran yang telah di buat dan Anda juga dapat menambahkan sejumlah dana tambahan bila mempersiapkannya jauh sebelum tanggal renovasi.

Selain itu, Anda juga bisa mengajukan kredit renovasi kantor sebagai bantuan dana agar terasa lebih ringan.

4. Siapkan dana darurat

Tips renovasi kantor berikutnya ialah siapkan dana darurat. Seperti telah di jelaskan sebelumnya bahwa Anda perlu menyiapkan setidaknya dana sebesar 10% dari total biaya renovasi guna berjaga-jaga apabila terdapat pembengkakan dana.

Itulah cara menghitung biaya renovasi kantor yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk Anda. Mengingat estimasi dananya tidak sedikit, pastikan rancangan anggaran di buat serinci mungkin.

Jika Anda berminat untuk merenovasi kantor dengan kualitas kerja yang bagus dan murah , Anda dapat menggunakan jasa dari HJ Kreasindo.

Untuk informasi lebih lengkapnya, kunjungi website hjkreasindo

Atau langsung hubungi kontak di bawah ini :

HP. 0812-9485-9090

E-mail : ditehm@hernadhijaya.co.id