Lompat ke konten
Beranda » Furniture » harga lemari hpl per meter 2020

harga lemari hpl per meter 2020

Harga lemari HPL per meter 2020 itu berapa?

Masih banyak konsumen yang mau buat lemari dengan finishing HPL tetapi masih bingung dan kesulitan untuk mencari tukang kayu atau vendor yang pas karena masalah harga.

Dalam dunia desain interior, HPL adalah bahan pelapis yang di gunakan lapisan teratas atau finishing pada furnitur berbahan kayu, sehingga menampilkan tampilan yang halus namun bertekstur.

Kelebihan HPL (High Pressure Laminated)

Selain harganya yang murah, material HPL ini juga memiliki keunggulan yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Berikut ini beberapa keunggulan HPL:

  • HPL dapat di sesuaikan dengan kebutuhan karena memiliki variasi jenis warna dan motif.
  • lapisan anti gores dan daya tahan yang cukup tinggi terhadap benturan dan gesekan.
  • daya rekat yang kuat pada media yang tebal sekalipun.
  • Memiliki tingkat keawetan yang cukup baik untuk pengaplikasian horizontal dan vertikal.
  • Mudah di rawat atau di bersihkan dan sangat higienis.
  • varian produk bersudut (edging) yang mempermudah pengerjaan furnitur pada bagian pinggiran yang tipis.
  • HPL memiliki sifat anti-jamur dan juga tahan terhadap panas.
  • Proses pengerjaannya cukup praktis, mudah dan cepat.
  • Lebih ekonomis sehingga sangat cocok untuk furnitur dengan tampilan modern dan minimalis.
Baca Juga :  Jasa Furniture Custom Murah Bekasi

Kekurangan HPL (High Pressure Laminated)

Anda mungkin tak ingin berkompromi dengan risiko HPL yang mudah patah. Kayu yang lebih solid dapat menjadi pilihan.

Selain memiliki kelebihan, material HPL tentunya juga memiliki kekurangan atau kelemahan. Hal ini tentu perlu Anda ketahui sebelum membelinya.

  • Agak sulit untuk melakukan pengerjaan HPL yang memiliki sudut lengkung yang kecil. Proses pengeleman pada papan dengan bidang lengkung yang terlalu kecil tersebut akan dibantu dengan sheet plastik.
  • Seluruh proses pengerjaan HPL harus dilakukan dengan sempurna. Jika tidak akan ada lapisan HPL yang lepas atau terlihat adanya lapisan ketebalan HPL, terutama pada bagian ujung atau sudut.
  • Meski secara fisik tergolong keras, HPL memiliki tingkat kelenturan yang sangat rendah dan mudah patah.
  • Harus ada proses finishing lagi pada bagian sudut (edging).
  • Terlihat kurang natural jika dibandingkan dengan cat duco.
Baca Juga :  Ruangan Kantor Kekinian

Fakta Lain HPL yang Patut diketahui

Setelah Anda mengetahui mengenal apa itu hpl, kelebihan, kekurangan, dan daftar harga terbarunya. Ada beberapa fakta lain yang patut Anda ketahui terlebih dahulu. Apa saja? berikut ini penjelasannya.

Pintu HPL Relatif Tahan Panas

Karena kepraktisannya, HPL makin di kenal dan di minati oleh banyak orang dan menjadi salah satu bahan penting bagi finishing produk interior rumah, furnitur, perkantoran dan sebagainya. 

Finishing di sini bertujuan untuk menambah ketahanan furnitur dengan memberi sebuah lapisan penutup pada bagian atas furnitur.

Selain itu, tampilan dan kesan furnitur tampak lebih cantik dan menawan dengan adanya corak dan motifnya yang beragam.

HPL itu sendiri memiliki beberapa jenis finishing untuk beragam bentuk permukaan, seperti semigloss, solid, motif tekstur kayu atau motif timbul, doff (matte), dan glossy yang bisa di jadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan desain rumah Anda.

Material HPL seringkali di gunakan sebagai bahan finishing untuk daun pintu, lemari, meja, kitchen set, panel dinding, dan lain-lain.

Baca Juga :  harga borongan interior per meter

Untuk pintu, HPL di aplikasikan secara vertikal dengan menggunakan material plywood agar tampak kokoh seperti menggunakan kayu asli.

Meski relatif tahan terhadap panas dan air, pintu HPL lebih baik untuk dimaksimalkan pada interior rumah, seperti pintu kamar tidur atau kamar mandi.

Lemari HPL Lebih Ringan dan Minimalis

Material HPL juga banyak di aplikasikan pada produk-produk furnitur custom made seperti lemari pakaian, rak buku, nakas, meja rias, meja kerja, countertops, atau kabinet.

Bagi sebagian orang lebih menyukai adanya keseragaman atau kesesuaian tema warna atau motif pada dekorasi interior rumahnya. Hadirnya HPL tentunya dapat mengakomodasi keinginan para pelanggan atau pemilik rumah tersebut.

Selain ruang kamar tidur, dapur adalah  salah satu area yang paling umumnya di aplikasikan dengan material HPL. Penggunaan material kayu yang di lapisi HPL sebagai lemari penyimpanan relatif aman dan ekonomis karena bobotnya lebih ringan.

Namun, bisa tetap kokoh daripada fullfurnished memakai material kayu solid karena sifatnya yang tahan panas. Sangat ideal untuk digunakan untuk lemari dapur sehingga terhindar dari risiko kebakaran.

Laman: 1 2