Pengertian Tehnik Carving Pada Karpet

Teknik Carving Pada Karpet Handmade

Pengertian Tehnik Carving Pada Karpet – Terdapat banyak jenis-jenis karpet untuk melengkapi keindahan ruangan Anda. Ada karpet handmade, loop pile, cut pile, carving, shaggy. Hayooo… Jenis karpet apa saja yang sudah Anda ketahui?

Baca Juga : Brand Yang Ada di “Hati” Konsumen

Kali ini kita akan membahas salah satu jenis karpet handmade dengan teknik carving. Hmmm… Apa ya kira-kira teknik carving yang termaksud? Apakah sejenis teknik kung fu ataukah teknik memancing? Mari kita bahas.

Tehnik Carving Pada Karpet

Teknik carving atau memahat pada dasarnya merupakan proses mengurangi bagian-bagian yang tidak terperlukan. Teknik carving pada umumnya sering kita jumpai pada kesenian patung.

Ukiran Detail Menjadi Ciri Khas Jenis Karpet Carving

Lalu apa yang membedakan teknik carving pada karpet dengan teknik carving pada patung? Jawabannya adalah medianya.

Teknik carving pada karpet menggunakan media benang sedangkan teknik carving pada patung umumnya pada media kayu. Benang yang terpakai bisa benang apa saja, termasuk benang wool, akrilik, bamboe, dll.

Karpet jenis carving ini lebih menonjolnya karakter seni. Ukiran detail menjadi ciri khas pada jenis karpet carving ini. Motif karpet yang terhasilkan bisa seolah-olah timbul layaknya kesenian patung.

Sederhananya, ukiran karpet adalah menambahkan tekstur pada sepotong karpet menggunakan alat ukiran. Ini adalah proses mencukur area tumpukan karpet untuk menciptakan lembah dan tekstur di sekitar elemen desain.

Carving karpet adalah sebuah seni

Ukiran adalah proses pemotongan alur menjadi tumpukan karpet untuk menciptakan efek tiga dimensi. Pengukir Hofmann adalah mesin penggerak motor udara dengan bilah seperti sisir berosilasi dengan lebar pemotongan standar 40 mm.

Untuk memotong garis berbentuk “V”, pemahat dilewatkan dua kali di sepanjang garis dengan bilah pada sudut. Pengukir dapat memiliki lampiran penghilang serat dan debu opsional untuk koneksi ke ruang hampa terpisah.

Juga dapat dipasang ke pelat pemandu untuk operasi yang lebih terkontrol dan presisi.

Ukiran permadani menciptakan kedalaman lebih jauh di media karpet yang sudah sangat tiga dimensi, memungkinkan pengukir menarik perhatian pemirsa ke bagian desainnya atau menambahkan desain ke permukaan polos. Ini menambah minat dan keindahan – itulah sebabnya, ketika dilakukan dengan keterampilan, itu pasti sebuah seni.

Nah… Kini Anda sudah tahu kan apa itu pengertian tehnik carving pada karpet. Semoga menjadi inspirasi bagi Anda yang sedang mendekor ruangan rumah. Selamat berkreatif.

Baca Juga : Perbedaan Karpet Permadani & Karpet Custom Design

Peluang Usaha Menjadi Reseller Karpet