Lompat ke konten
Beranda » Asuransi » Tips Memilih Asuransi yang Tepat » Halaman 2

Tips Memilih Asuransi yang Tepat

3. Aktif Bertanya kepada Insurance Consultant atau Agen yang Berlisensi

Saat merasa ragu dan khawatir terhadap manfaat pertanggungan yang akan di dapatkan dari produk asuransi tersebut, sebaiknya langsung bertanya saja kepada insurance consultant atau agen yang telah di siapkan dan telah berlisensi agar seluruh pertanyaan yang ada di benak Anda terjawab dengan benar.

Kasus yang terjadi di masyarakat adalah malu dan sungkan untuk mengutarakan pertanyaan yang ada di dalam otak sehingga pulang ke rumah masih di penuhi dengan segudang pertanyaan.

Baca Juga :  Asuransi Syariah : Pengertian, Jenis, Tujuan, Produk

4. Pahami Asuransi yang di pilih

Sebelum benar-benar menandatangani Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) atau Surat Permintaan Asuransi Kesehatan (SPAK),

ada baiknya untuk bertanya kepada diri sendiri apakah kita sudah benar-benar memahami tentang produk asuransi yang di pilih.

Ketahui dengan pasti seberapa jauh manfaat pertanggungan yang akan di dapatkan, bagaimana alur manfaat pertanggungan yang akan di dapatkan nanti,

seperti apa proses pencairan pertanggungan, hingga cara membayar premi tiap bulannya.

Pastikan beberapa hal di atas telah kita pahami dengan sangat baik sebelum akhirnya menandatangani SPAJ atau SPAK.

Selain melakukan riset terhadap produk asuransi, penting untuk melakukan riset dan mengetahui track record dari perusahaan asuransi tersebut. Yang paling penting adalah seberapa besar tingkat solvabilitas atau risk based capital dari perusahaan asuransi tersebut.

Baca Juga :  Cara Daftar Asuransi Mobil

Risk based capital merupakan metode perhitungan untuk menentukan apakah perusahaan asuransi tersebut berada di tingkat sehat secara finansial untuk membayarkan seluruh tanggung jawabnya.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewajibkan seluruh perusahaan asuransi memberi tahu kepada nasabahnya seberapa jauh tingkat RBC perusahaan asuransi tersebut.

Sebagai contoh Prudential, pada kuartal kedua di tahun 2021 ini, sekalipun pandemi belum berakhir tetapi tingkat RBC yang dimiliki Prudential termasuk tinggi yakni 428%.

Besaran persentase tersebut tiga kali lebih besar di bandingkan minimal target internal yang telah di tetapkan.

Oleh sebab itu, ketahui perusahaan asuransi yang akan kita percayakan untuk memberikan proteksi terhadap diri dan keluarga.

Ingin mewujudkan rumah impian Anda? hjkreasindo hadir sebagai solusi jasa interior, arsitektur, dan furniture terbaik. Dengan pengalaman lebih dari 12 tahun di bidang desain interior, hjkreasindo akan membuat rumah impian Anda menjadi kenyataan.

Silakan menghubungi tim kami sekarang juga. kunjungi Hjkreasindo.com

Baca Juga :  Asuransi mobil yang mudah klaimnya

hp/wa : 0812-9485-9090

E-mail : ditehm@hernadhijaya.co.id

Laman: 1 2